Sketsa News
Home Berita Terkini, News 6 ABK Kapal TB Charles Jalani Pemeriksaan di Lanal Balikpapan

6 ABK Kapal TB Charles Jalani Pemeriksaan di Lanal Balikpapan

Sketsanews.com ‑ Enam awak kapal Tugboat Charles 00 tiba di Pelabuhan Balikpapan, Kalimantan Timur, dikawal dua kapal perang TNI AL Sabtu (25/6/2016) sekitar 08.58 Wita.

sandera-abu-sayyaf_20160626_075751

Sejak Jumat (24/6/2016) malam, aparat keamanan dari kepolisian dan TNI AL, termasuk para awak media berada di Pelabuhan Semayang menunggu kedatangan kapal TB Charles yang membawa enam ABK yang selamat dari pembajakan kelompok Abu Sayyaf di perairan Sulu, Filipina.

Kapal TB Charles merapat di sebelah KRI Untung Suropati. Danlanal Balikpapan Letkol Laut (P) Irwan SP. Siagian bersama pejabat TNI langsung mendatangi enam ABK ke dalam kapal TB Charles. Sekitar 30 menit berada di kapal, akhirnya enam ABK turun menuju Pelabuhan Semayang.

Kondisi enam ABK TB Charles, yakni Syahril (33) asal Makassar, Redgar (26) Manado, Albertus (28) asal Banjarmasin, Andi Wahyu (24) asal Bone Sulsel, Rudi (34) asal Bone, dan Agung asal Bulu Kumba dalam keadaan sehat.

“Saya tanya kepada rekan‑rekan (ABK) sehat dan aman ya,” ujar Danlanal Letkol Irwan.
Serentak mereka berenam menjawab, “Aman pak,” kata mereka di hadapan awak media.

Irwan menyatakan saat ini pihaknya masih melakukan proses komunikasi mendalam dengan enam ABK yang selamat untuk mengumpulkan kebenaran informasi terkait peristiwa yang mereka alami di perairan Sulu.

Alasan para ABK diturunkan di Balikpapan, menurut Irwan, karena pangkalan TNI AL terdekat di Balikpapan. Selain itu untuk memudahkan proses pemeriksaan terhadap enam ABK tersebut.

Terkait nasib enam ABK, saat ini masih berada di tangan Lanal Balikpapan sambil menunggu instruksi lanjutan pimpinan TNI AL.

“Instruksi yang kami terima saat ini melakukan pendalaman kepada mereka (ABK). Tentunya kita pun akan melakukan komunikasi dengan Polri,” ujar dia. (Jk/ Tribunnews.com ).

%d blogger menyukai ini: