Sketsa News
Home Berita Terkini, News Anak Buruh Bangunan Kuliah Gratis di UGM

Anak Buruh Bangunan Kuliah Gratis di UGM

anak-buruh-bangunan-kuliah-gratis-di-ugm-BA3Gt1Wciw

Sketsanews.com – Sebuah anugerah tak terkira diterima pasangan Heni Setiawati (39) dan Suryo Sungkowo (52) warga Jl. KH Kasan Besari, Kauman, Ponorogo. Suaminya yang berprofesi sebagai buruh bangunan terharu tidak menyangka putra sulungnya Surya Panaragan diterima sebagai mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM). Bahkan, tanpa dipungut biaya hingga lulus kuliah.

Heni mengaku, profesi Suryo sebagai kuli bangunan cukup berat untuk menghidupi tiga anak. Bahkan, mereka kerap berpindah dari satu kota ke kota lainnya. Sejak 2001, Heni tinggal menumpang di sebuah rumah milik sang kakak di Jl. KH Kasan Besari, Kauman, Ponorogo.

“Tiga bulan sekali suami saya baru pulang, itu pun dengan uang pas pasan. Sebelum 2002 kami harus terus berpindah tempat,” ungkap Heni, seperti dikutip dari keterangan tertulis UGM, Jumat (1/7/2016).

Heni mengungkapkan, dirinya bersyukur karena dikarunai tiga orang anak yang penurut. Bahkan putera sulungnya, Surya Panaragan selama ini giat belajar untuk mencapai cita-citanya bisa kuliah di perguruan tinggi.

Dia mengaku sempat ragu bisa melihat salah seorang anaknya sekolah di perguruan tinggi. Namun kekhawatiran itu sirna setelah Surya diterima di UGM melalui jalur bidikmisi sehingga bebas biaya hingga lulus kuliah.

“Tidak ada yang lebih membahagiakan kami sebagai orangtua, selain melihat anaknya bisa berhasil dan menjalani pendidikan dengan baik,” ujar Heni yang tak kuasa menahan air matanya.

Saat ini dirinya dan suami harus memutar otak mencari solusi terbaik untuk biaya hidup si sulung di Yogyakarta. Heni menceritakan, Surya sendiriselalu mendapatkan beasiswa selama bersekolah di SMAN 1 Ponorogo. Bahkan, prestasinya tidak hanya dari bidang akademis tetapi juga dari bidang olahraga basket di tingkat provinsi Jawa Timur.

Surya mengaku bersyukur dengan lolosnya dirinya kuliah di universitas tertua ini. Keterbatasan ekonomi, ujarnya, bukan penghalang untuk dapat meraih kesuksesan dan masa depan yang lebih baik.

“Menjalani hidup dengan keyakinan. Dengan terus berusaha dan tidak mudah putus asa pasti bisa meraih masa depan yang lebih baik,” ujarnya.

Surya berharap, kuliah di UGM bisa mewujudkan kehidupan keluarganya lebih baik serta membahagiakan orangtua dan adik-adiknya. “Saya juga pengennya bisa ikut berperan mendorong pengelolaan perikanan di Indonesia, Potensi perikanan di Indonesia ini sangat besar, tapi pemanfaatannya belum dilakukan secara maksimal,” ujarnya.

(ab/okezone)

%d blogger menyukai ini: