Sketsa News
Home Berita Terkini, News Mendag: Kebijakan Pengampunan Pajak Kurangi Praktik “Transfer Pricing”

Mendag: Kebijakan Pengampunan Pajak Kurangi Praktik “Transfer Pricing”

Sketsanews.com – Pemerintah telah mencanangkan Kebijakan pengampunan pajak atau tax amnesty yang diharapkan bisa membantu mendorong perekonomian nasional.

0656151tom780x390

Tidak hanya itu, kebijakan tax amnesty juga berdampak pada perdagangan. Menteri Perdagangan Thomas Trikasih Lembong, mengatakan salah satu dampak kebijakan tax amnesty pada perdagangan adalah semakin berkurangnya praktek transaksi yang tidak wajar atau transfer pricing yang tujuannya untuk menghindari pajak.

“Misalnya transfer pricing tentunya dengan reformasi perpajakan ini bisa semakin berkurang. Ini baru permulaan,” kata Thomas, saat ditemui di Kantor Ditjen Pajak, Jakarta, Jumat (1/7/2016).

Menurut Thomas pengenaan tarif tebusan kepada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) itu bisa membuat kepercayaan kepada perbankan. Sehingga para UMKM bisa mengakses kredit yang lebih banyak dari perbankan.

” Padahal dengan membayar pajak itu di sektor formal bisa mengakses kredit, menggaet nasabah karena ada kepercayaan dan seluruh ekonomi itu lebih efisien. Jadi pengusaha jangan anggap pajak itu sebagai beban,” ucap Tom.

Kebijakan tax amnesty juga memberi kesempatan kepada pengusaha untuk melaporkan hartanya. Sehingga adanya transparansi yang bisa membuat iklim dunia usaha berjalan dengan baik.

“Terus terang begini lebih baik data itu pengusaha yang buka sendiri dibanding bocor nanti. Di dunia internet, media sosial, digital semakin sulit merahasiakan sesuatu. Misalnya Panama Papers kemaren itu kan bocor acara spektakuler,” jelas Thom.

“Jadi daripada pengusaha-pengusaha. Pemilik modal terbongkar lebijh baik mereka lapor diri. Daripada 2-3 tahun kedepan terbongkar secara spektakuler. Itu kenyataan di dunia digital,” pungkas Thom.(Dan/Kompas)

%d blogger menyukai ini: