Sketsa News
Home News Malam ini Jamaah Naqsabandiyah Padang gemakan Takbir

Malam ini Jamaah Naqsabandiyah Padang gemakan Takbir

Sketsanews.com – Meski pemerintah baru akan melakukan Sidang Isbat menetapkan 1 Syawal 1437 Hijriah Senin 4 Juli 2016, namun pada hari yang sama jamaah Tareqat Naqsabandiyah di Kota Padang memastikan menggelar shalat Idul Fitri.

Layaknya umat muslim lainnya, sebelum melaksanakan shalat Id menyambut hari kemenangan, jamaah Tareqat Naqsabandiyah menggelar takbir yang salah satunya dipusatkan di Musala Baitul Makmur, Kecamatan Pauh, Kota Padang.

Pimpinan Tareqat Naqsabandiyah Pauh, Kota Padang, Syafri Malin Mudo mengatakan, penetapan 1 Syawal 1437 Hijriah Tareqat Naqsabandiyah juga dilakukan dengan menghitung bulan atau hisab dan diperkuat dengan rukyatul hilal atau melihat bulan. Metode hisab yang dipakai yakni hisab munjid yang telah dipergunakan secara turun temurun oleh guru-guru Naqsabandiyah.

“Semuanya penuh perhitungan yang juga didasari dengan Al Quran. Kita pakai hisab munjid. Tahun ini kita puasa 30 hari, mulainya 4 Juni lalu, sehngga jatuhnya 1 Syawal Senin 4 Juli. Kalau untuk takbiran kita di musala saja,” ungkap Syafri, Minggu (3/7/2016), dikutip dari RRI.

Sementara untuk pelaksanaan shalat Id jamaah Naqsabandiyah esok, selain digelar di Musala Baitul Makmur dan Surau Baru di Kecamatan Pauh, juga dilaksanakan di puluhan masjid atau musala lainnya, seperti di Kecamatan Lubuk Begalung dan Lubuk Kilangan, yang dimulai pukul 08.00 WIB.

Shalat dimaksud juga diikuti jamaah Naqsabandiyah yang berasal dari Kabupaten/Kota lain di Sumatera Barat, seperti dari Kabupaten Solok, Solok Selatan, dan Pesisir Selatan. (DS/WDA)

 

(in)

%d blogger menyukai ini: