Sketsa News
Home Berita Terkini, News Sebagian Muslim Aceh Berlebaran Hari Ini

Sebagian Muslim Aceh Berlebaran Hari Ini

ilustrasi-lebaran-_150715195921-857

Sketsanews.com – Sebagian muslim di Kabupaten Aceh Barat Provinsi Aceh telah berlebaran yang ditandai dengan pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1437 Hijriah pada Senin (4/7) pagi.

“Yang sudah berlebaran hari ini adalah pengikut jamaah Syattariah, kenapa Lebaran lebih awal, ya karena sudah melaksanakan puasa penuh sesuai dengan perhitungan (hisab),” kata Abdul Manan, salah seorang warga Alu Keumang Kecamatan Pante Cermen di Meulaboh, Senin (4/7).

Informasi yang dihimpun dari sejumlah kawasan yang telah berlebaran yakni seperti empat desa di Kecamatan Panton Reu, tiga desa di Kecamatan Pante Ceureumen serta ribuan masyarakat dalam dua kecamatan di Kabupaten Nagan Raya. Penganut Tareqah Syattariah tersebut telah melaksanakan ibadah puasa Ramadhan selama satu bulan penuh yakni terhitung sejak masuk tanggal 1 Ramadhan sampai dengan perkiraan Lebaran pada 1 Syawal 1437 Hijriah jatuh pada Senin 4 Juli 2016.

“Pengikut Syattariah masuk puasa Ramadhan lebih awal untuk berjaga-jaga agar tidak ada jumlah bilangan hari dalam bulan Ramadhan tertinggal, jadi kalau memang sudah penuh 30 hari maka semuanya berlebaran,” ujarnya.

Sementara itu, di Kabupaten Nagan Raya ribuan umat muslim dalam dua kecamatan yakni Seunagan Timur dan Beutong juga sudah melaksanakan shalat Id di masjid-masjid yang telah ditentukan. Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU/MUI) Nagan Raya Said Jamalul Hakim yang dihubungi wartawan menyampaikan, dirinya juga bertindak sebagai Khatib pada masjid Desa Krueng Ceuko, Kecamatan Seunagan usai shalat Id.
“Hari ini seluruh penganut Tariqah Syattariah berlebaran, terutama di Nagan Raya adalah di masjid Abu Peulukung atau Habib Muda Seunagan. Bahkan saya sendiri hari ini bertindak sebagai khatib (pembaca rukun kutbah),” ujarnya.

Pengikut Habib Muda Seunagan (pimpinan tareqah syattariah) bukan hanya masyarakat biasa, namun juga para pejabat daerah bahkan Bupati Nagan Raya H T Zulkarnaini juga merupakan garis keturunan Habib Muda Seunagan. Seluruh keluarga besar dan pengikutnya berjumlah sekitar 5.000 orang sudah berlebaran pada hari yang sama.

Di sisi lain Pemerintah Kabupaten Aceh Barat pada Senin (4/7) telah mengeluarkan edaran dan mengajak semua umat muslim mengikuti ritual hilal untuk penentuan masuknya 1 Syawal 1437 Hijiriah di pantai Suak Geudeubang Kecamatan Sama Tiga.

(ab/republika)

%d blogger menyukai ini: