Sketsa News
Home Berita Terkini, News, Tekno-Sains Kirobo Mini, Robot Pintar yang Bisa Ngobrol

Kirobo Mini, Robot Pintar yang Bisa Ngobrol

(Foto: Reuters)
(Foto: Reuters)

Sketsanews.com – Robot bukan dunia yang asing bagi Toyota, raksasa produsen kendaraan dari Jepang. Toyota sudah membuat robot sejak 1970-an dan bahkan bisa dikatakan sebagai salah satu pelopor.

Robot buatan Toyota dimanfaatkan di banyak sektor industri. Pada 2000, Toyota meluncurkan robot pribadi, yang bisa berjalan, berbicara, memainkan alat musik, dan melakukan pekerjaan-pekerjaan tertentu untuk sang pemilik.

Robot pribadi terbaru yang dibuat Toyota agak berbeda dari generasi sebelumnya. Diberi nama Kirobo Mini, robot ini oleh Toyota secara khusus didesain untuk berfungsi sebagai ‘kawan berkomunikasi’.

Kirobo Mini adalah teman mengobrol. Dalam posisi duduk, Kirobo Mini memiliki ‘tinggi badan’ hanya sekira 10 sentimeter (mungkin karena itu ia disebut mini).

Dikutip dari Okezone, ia bisa dibeli dengan harga sekitar 39.800 yen atau sekira Rp5 juta. Namun, dengan melihat kemampuannya, harga ini mungkin tidak akan menjadi penghalang untuk membelinya.

Ia bisa mengobrol (saat ini hanya tersedia dalam bahasa Jepang) dan mengetahui kondisi emosional seseorang dengan menganalisis wajah.

Ia juga bisa mengikuti gerakan kepala kita saat kita berbicara dan matanya akan berbinar dan berkedip untuk mengingatkan bahwa ia berinteraksi dengan kita.

Semakin lama pengguna berinteraksi dengan Kirobo Mini, kualitas obrolan menjadi lebih baik, lebih cerdas, dan lebih pribadi. (Al)

%d blogger menyukai ini: