Sketsa News
Home News Operasi Zebra 2016, Polri Gunakan Aplikasi E-Tilang

Operasi Zebra 2016, Polri Gunakan Aplikasi E-Tilang

operasi-zebra-2016-polri-gunakan-aplikasi-e-tilang-sketsanews

Sketsanews.com – Sebagai upaya meningkatkan sistem penindakan tilang,  Korlantas Polri  kini memiliki sistem elektronik tilang atau E-tilang. Kasubdit Gakkum Dirlantas polda Jabar AKBP Matrius mengatakan E- tilang juga disosialisasikan mengingat diselengarakannya operasi Zebra Lodaya hingga 29 November  2016.

E- tilang merupakan aplikasi yang bisa diakses oleh petugas kepolisian melalui Smartphone, guna memudahkan masyarakat yang tidak berkenan hadir saat proses pembayaran denda.

“Jadi dengan sistem ini meniadakan uang titipan ke anggota, kalau pelanggar tidak bisa hadir dalam sidang pengadilan jadi tidak perlu menitipkan uang kepada petugas. Cukup pelanggar nantinya membayarkan uang denda tilangnya melalui nomer id yang muncul diberikan oleh petugas.” ungkap Matrius saat On Air di PRFM, Kamis (17/11/2016).

Matrius  menjelaskan pembayaran bisa dilakukan dengan mentransfer uang denda tilang ke nomer rekening yang muncul melalui mobile banking, ATM, internet banking maupun lansung datang ke Bank.

“Untuk wilayah Jawa Barat semua Polres sudah menggunakan aplikasi ini namun belum merata, jadi kami himbau jika masyarakat yang menemui adanya uang titipan yang dititipkan kepetugas atau ada unag damai harap laporkan,”ungkap Matrius

E-tilang hanya berlaku bagi penilangan yang barang buktinya bukan kendaraan itu sendiri, artinya E- tilang berlaku  hanya untuk penahanan STNK atau surat-surat lainnya. sementara untuk pelanggaran lainnya seperti penahanan kendaraan bermotor, tetap menjalani tahapan seperti biasa.

“Jadi untuk pelanggaran yang istilahnya berat, seperti hampir menyebabkan kecelakaan ini kami langsung bawa ke pengadilan, agar dia tahu kesalahannya apa,”ujar Matrius.

(Wis)

%d blogger menyukai ini: