Sketsa News
Home Berita Terkini, News Ke Istana, Menko Luhut Jamin Jepang Dapat Proyek

Ke Istana, Menko Luhut Jamin Jepang Dapat Proyek

Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan
Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan

Sketsanews.com – Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan menghadap Presiden Joko Widodo untuk melaporkan kemajuan (progres) sejumlah proyek, termasuk kereta semicepat Jakarta-Surabaya.

“Menyangkut kereta semicepat Jakarta-Surabaya, itu juga prosesnya sekarang kita sedang menyiapkan karena tanggal 21 Desember akan ada pertemuan kami di Jepang untuk memfinalisasi ini,” kata Menko Luhut di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (17/11/2016).

Luhut menilai, kendati terdapat pilihan negara lain pembangun kereta semicepat, namun Jepang menjadi satu pilihan menarik.

Untuk saat ini, kata Menko Luhut, pemerintah masih mempertimbangkan mengenai dana dan sistem kerja sama dengan pilihan kerja sama antar pemerintah (P to P) atau swasta (B to B). “Selain itu, kita sedang bernegosiasi mengenai jumlah kandungan komponen dalam negeri,” paparnya.

Indonesia, ujar Luhut, juga perlu terlibat dalam perencanaan teknik secara detil (detail engineering). “Untuk yang melakukan feasibility study, itu adalah BPPT. Nanti dibantu dengan Jepang secara teknisnya. Dengan begitu, kita harapkan penggunaan local content lebih banyak lagi,” tutur Luhut.

Kata Luhut, studi kelayakan proyek kereta semi-cepat Jakarta-Surabaya bakal dimulai pada Januari 2017. Selain itu, Luhut juga melaporkan tentang progres pembangunan Pelabuhan Patimban, Jawa Barat yang dikerjakan oleh Jepang. Kemudian, Menko Kemaritiman juga melaporkan perkembangan pembahasan harga gas untuk industri.

Luhut menjelaskan proses penurunan harga gas industri dapat lebih cepat dilakukan kepada tiga industri. “Nanti resmi akan diumumkan minggu depan, atau akhir minggu depan,” jelas Luhut, seperti dilansir dari Inilah.

(Wis)

%d blogger menyukai ini: