Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, News Ahok Tersangka= Bebas, Siyono Terduga= Tewas

Ahok Tersangka= Bebas, Siyono Terduga= Tewas

ahok-tersangka-penistaaan-maidah-51

Sketsanews.com – Penetapan Basuki Tjahja Purnama menjadi tersangka kasus penistaan terhadap surat AlMaidah 51 disambut dengan berbagai reaksi dimasyarakat pada umumnya. Status tersangka ini menjadi menarik untuk dibahas dibanyak media dikarenakan status tersangka masih bisa keliaran alias bebas dari penahanan.

Ini menjadi tanda tanya mengapa status tersangka tidak berlaku pada Ahok yang tidak langsung ditahan oleh penyidik Polri. Menurut pasal 44 Perkap No.14 seorang tersangka  dapat dikenakan penahanan meskipun terdapatnya tidakdikenai tindakan penangkapan, dimana tindakan penahanan tersebut dilakukan dengan pertimbangan yang bersifat alternatif sebagai berikut :

1. Tersangka dikhawatirkan akan melarikan diri,
2. Tersangka dikhawatirkan akan mengulangi perbuatannya,
3. Tersangka dikhawatirkan akan menghilangkan barang bukti
4. Tersangka diperkirakan mempersuit peyidikan.

Dengan pasal ini seharusnya Ahok sudah bisa ditahan karena di bisa mengulangi perbuataanya dalam hal penistaan agama.Lain cerita dengan status tersangka yang lainnya. mulai dari :

1. Irman Gusman status tersangka langsung ditahan
2. Dahlan Iskan status tersangka langsung ditahan

Tapi Ahok tidak ditahan meskipun stastusnya sudah menjadi tersangka. Apakah hukum di Indonesia tebang pilih ataukah ada kekuatan besar yang melindunginya sehingga Ahok tetap bebas berkampanye dan tetap bisa melanjutkan mengikuti Pligub DkI. Tentu ini menjadi sangat ironi bagi sebagian orang, sama-sama berstatus tersangka langsung ditahan namun Ahok tidak. Dan yang menjadi sangat memprihatinkan adalah status baru terduga sudah langsung dibabat habis oleh penegak hukum.

Tentu kita masih ingat kasus Siyono terduga teroris warga Klaten. Baru ditetapkan menjadi terduga dan baru ditangkap semalam, kemudian keluarga mendapat kabar Siyono sudah tidak bernyawa. Ini menjadi ketimpangan status hukum, alias hukum tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Si Ahok sudah berstatus sebagai tersangka dan masih bebas belum ditahan, sedangkan Siyono baru berstatus terduga sudah langsung ditangkap dan kembali ke rumah dalam keadaan tidak bernyawa. Kesetaran status hukum belum dirasakan oleh Ahok. Semoga hukum di Indonesia bisa ditegakan sesuai kadar hukumnya tidak tebang pilih yang dikarenakan ditunggangi oleh kekuatan kecil yang berkuasa yang bisa berbuat semaunya tanpa tersentuh hukum yang berlaku.

(Tri)

%d blogger menyukai ini: