Sketsa News
Home Berita Terkini, News Bendera Raksasa dan Gemuruh Padamu Negeri di Karnaval Cinta NKRI

Bendera Raksasa dan Gemuruh Padamu Negeri di Karnaval Cinta NKRI

bendera

Sketsanews.com – Ribuan peserta karnaval Cinta NKRI memenuhi jalan Thamrin-Sudirman, Jakarta Pusat. Dengan penuh semangat ribuan peserta mengibarkan bendera merah putih yang mereka bawa dari Patung Kuda, Monas sampai ke bundaran Hotel Indonesia (HI).

Atraksi budaya daerah juga tak mau ketinggalan meramaikan karnaval yang diikuti sejumlah elemen masyarakat itu.
Pantauan Liputan6.com, Minggu (20/11/2016), setibanya di bundaran HI, peserta karnaval menggaungkan lagu nasional Padamu Negeri. Dengan penuh khidmat dan kebersamaan, ribuan peserta dengan suara lantang menyanyikan lagu ciptaan Kusbini itu.

“Padamu Negeri Jiwa Ragaaaa kaaammiiiiii,” nyanyi para peserta di lokasi.

Karnaval Cinta NKRI semakin semarak dengan dikibarkannya  bendera merah putih raksasa diiringi lagu Padamu Negeri. Bendera raksasa ini berkibar didampingi 17.500 bendera yang dibawa para peserta untuk menghiasi karnaval selama long march.

Warga yang tengah mengikuti Car Free Day pun ikut bernyanyi. Terhitung ada dua kali peserta karnaval memutari bundaran HI.

Adapun atraksi budaya yang memeriahkan karnaval Cinta NKRI mulai dari ondel-ondel, reog Ponorogo, barongan, drum band sampai barongsai. Semua atraksi budaya itu tampil dengan mengusung tema “Kami Aseli Indonesia”.

Atraksi budaya berjalan teratur saling mengisi, bergantian dan dinaungi bendera Merah Putih raksasa yang diangkat ratusan peserta yang ada di belakang barisan arak-arakan. Atraksi budaya berkeliling di bundaran Hotel Indonesia seakan memberi pesan Indonesia tumbuh atas dasar Kebhinekaan.

“Bahwa kita masih satu, lagu kita sama yaitu Indonesia Raya. Bangsa dan Tanah Air yang sama Indonesia. Dari dulu sampai nanti kita jaga kebhinekaan,” teriak salah satu peserta.

xcvbnnnnnn
Selain diramaikan oleh pawai Cinta NKRI, kawasan Thamrin-Sudirman juga diramaikan oleh acara lari bersama ToleRun 2016 yang diprakarsai Indorunners, mulai berlangsung sejak pukul 06.00 WIB.

Acara ini mengusung tema toleransi untuk Indonesia yang berbhineka dan akan diadakan serentak di 31 kota dari Aceh hingga Papua.

Untuk Jakarta, ToleRun akan digelar di Senayan. Di Jakarta, ToleRun ini dibagi dua: 5 kilometer dan 10 kilometer.

Untuk rute 10K: Plaza Selatan Gelora Bung Karno, Bunderan HI, Patung Pemuda, dan kembali ke Plaza Selatan. Sedangkan rute 5K: Plaza Selatan Gelora Bung Karno, Jembatan Semanggi, Sudirman, Patung Kuda, dan kembali ke Plaza Selatan.

“Pesertanya ada dari berbagai komunitas Indorunners. Juga ada beberapa komunitas lain. Kegiatan ini akan berlangsung serentak di 31 kota seperti Magelang, Yogyakarta, Semarang,” ujar pendiri Indorunners, Reza Puspo, saat dihubungi Sabtu, 19 November 2016.

(Eni/Liputan6)

%d blogger menyukai ini: