Sketsa News
Home Berita Terkini, Internasional, News Setelah 8 Tahun Menjabat, Obama Ucapkan Selamat Tinggal pada Panggung Dunia

Setelah 8 Tahun Menjabat, Obama Ucapkan Selamat Tinggal pada Panggung Dunia

obama

Sketsanews.com – Setelah menjabat selama dua periode atau delapan tahun, Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengucapkan selamat tinggal pada panggung dunia. Hal itu disampaikan Obama dalam kunjungan luar negeri terakhirnya sebagai presiden.

Dalam konferensi pers di Lima, Peru pada Minggu, 20 November waktu setempat, Obama berbicara untuk rakyat Amerika dan komunitas dunia. Itu merupakan konferensi pers luar negeri terakhir bagi Obama selaku presiden. Obama datang ke Peru untuk mengikuti KTT APEC.

Sejumlah kepala negara yang hadir di KTT APEC menyampaikan kesedihan mereka saat bertemu Obama di pertemuan puncak APEC.

“Itu momen yang hebat, namun momen yang menyedihkan, melakukan pertemuan kami yang terakhir,” ujar Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull seperti dilansir Detik, Senin (21/11/2016).

“Saya akan merindukan kehadiran Barack,” kata Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau.

Dalam pernyataannya, Obama menyatakan bahwa selama menjabat, dirinya telah melakukan apa yang dianggapnya baik untuk rakyat Amerika.

“Di penghujung hari dan di akhir dari delapan tahun, saya bisa melihat ke belakang dan mengatakan bahwa secara konsisten saya melakukan apa yang anggap terbaik,” tutur Obama.

“Bukan berarti Anda tak membuat kesalahan. Namun itu artinya Anda jujur pada sumpah Anda dan komitmen-komitmen yang Anda buat untuk rakyat yang memilih Anda,” imbuh Obama.

Obama juga bicara mengenai prioritas utamanya setelah tak lagi menjadi presiden. “Membawa Michelle (Ibu Negara) pergi liburan,” tuturnya. Dikatakan Obama, dirinya ingin “istirahat, menghabiskan waktu dengan anak-anak perempuan saya dan mengerjakan beberapa tulisan, melakukan beberapa pemikiran.’

(Eni)

%d blogger menyukai ini: