Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, News Institusi Dicatut Minta Uang Pengamanan Demo, Kapolres Jakut Berang

Institusi Dicatut Minta Uang Pengamanan Demo, Kapolres Jakut Berang

Surat yang berisi permintaan uang kepada warga untuk mengamankan demonstrasi lanjutan yang bakal digelar 25 November dan 2 Desember/Foto: Istimewa
Surat yang berisi permintaan uang kepada warga untuk mengamankan demonstrasi lanjutan yang bakal digelar 25 November dan 2 Desember/Foto: Istimewa

Sketsanews.com – Aksi damai jilid III yang akan berlangsung 2 Desember 2016 rentan dimanfaatkan oknum tertentu. Di Kelurahan Kelapa Gading, beredar surat yang meminta uang Rp120 juta kepada warga.

Dalam surat, tertulis RW 08 Gading Kirana mendapat bantuan 20 anggota Brimob dari Kalimantan Barat dan 6 personel TNI. Nama Polres Jakarta Utara dibawa-bawa untuk meminta sumbangan warga. Masing-masing KK dimintai minimal Rp200 ribu yang bisa disetor rekening R-08, BCA 419 388 7778 atas nama Frans Gunawan atau diserahkan kepada sekretaris RW. Uang juga bisa diambil kolektor RW.

Kapolres Jakarta Utara Kombes Pol Awal Chairuddin membantah kabar tersebut. Ia menuturkan tidak pernah meminta uang kepada warga untuk mengamankan situasi.

“Enggak benar itu. Saya semalam sudah bertemu dengan yang membuat surat itu, sudah kami konfirmasi,” kata Awal kepada Metrotvnews.com, Senin (21/11/2016).

Awal menuturkan, untuk mengamankan aksi damai jilid III dan kawasan Jakarat Utara, Polres mendapat bantuan 12 kompi personel kepolisian. Mereka berasal dari Jogja, Jambi, dan tempat lainnya.

“Mengamankan pasti. Tapi apa kami minta uang? Kan tidak boleh, dinalar saja, masa kami minta uang. Tapi kalau ada yang ingin membantu, ya enggak apa-apa,” tegas dia.

Mantan Kapolres Bekasi itu tak mau banyak komentar tentang suarat edaran tersebut. Ia juga tak mau bicara apakah surat tersebut besifat partisipasi warga atau perintah oknum tertentu.

Ia meminta kroscek dilakukan langsung kepada pembuat surat, sesuai kop  yang tertera.

Berikut isi lengkap surat yang beredar melalui media sosial:

Dengan Hormat,

Dalam rangka antisipasi dampak demo tanggal 25 November dan 2 Desember 2016, di lingkungan RW 08 Gading Kirana telah diperbantukan 20 (dua puluh) anggota BRIMOB dari Kalimantan Barat dan 6 personel TNI. Sesuai dengan pengarahan POLRES Jakarta Uatara, hal ini dipandang perlu karena Gading Kirana adalah jalur utama Kelapa Gading dari pintu masuk barat, samping Arta Graha.

Untuk mendukung operasional 20 anggota Brimob ditambah 6 personel TNI, diperlukan dukungan dana operasional dari tanggal 17 Nopember samapai tanggal 5 Desembe 2016 minimal Rp120.000.000 (sertaus dua puluh juta rupiah). Kami harapkan partisipasi seluruh warga minimal Rp200.000,- per KK. Parrtisipasi seluruh warga dapat disetor ke rekening R-08, BCA 419 388 7778 atas nama Frans Gunawan atau ke sekretaris RW atau diambil kolektor RW.

Bilamana kondisi keamanan memburuk dimana diperlukan tambahan penjagaan keamanan lingkungna RW-08 gk. Maka kami akan melibatkan warga, terutama laki-laki, untuk ikut berpartisipasi. Semua akan kami komandokan demi kebersamaan dan kepeduluan dalam menjaga keamnana lingkungan Gading Kirana.

Surat tersebut ditandatangani Ketua RW 08 WJM. Sutjipto MBA dan Kabid Kam RW 08 Sammi Sariton. Surat dikeluarkan per 19 November 2016 dnegan nomor 025/RW-08/XI/2016.

(Wis)

%d blogger menyukai ini: