Sketsa News
Home Berita Terkini, News, Tekno-Sains Menkominfo: Tanpa Internet Bangsa Menjadi Terbelakang

Menkominfo: Tanpa Internet Bangsa Menjadi Terbelakang

Menkominfo Rudiantara dan APJII OPM (Foto: Dok. Kominfo)
Menkominfo Rudiantara dan APJII OPM (Foto: Dok. Kominfo)

Sketsanews.com – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengemukakan, regulasi di bidang telekomunikasi dinamis dan terus berkembang mengikuti perkembangan teknologi.

“Kalau kita berangkat dari aturan akan terjebak dalam alur aturan tersebut. Jadi kita harus membuka pikiran seluasnya jangan dibatasi oleh aturan, karena aturan tersebut akan dinamis mengikuti kebutuhan,” ujarnya di acara APJII Open Policy Meeting Kedua di Balai Kartini Jakarta, Rabu (23/11/2016). Seperti dikutip Okezone.

Rudiantara menjelaskan, pemerintah sendiri melalui Menkominfo tidak akan berhenti pada Program Palapa Ring untuk menghubungkan wilayah nusantara melalui broadband. Selain Palapa Ring, pemerintah juga sedang mengembangkan satelit.

“Selama teknologi yang dikembangkan bermanfaat dan terjangkau bagi masyakat akan didorong oleh Kominfo. Tanpa internet kita akan menjadi bangsa terbelakang. Oleh karenanya saya ajak APJII untuk buat internet sehat dan bersama menjadikan Indonesia negara kedua di ASEAN dalam kecepatan internet pada 2019 mendatang.” tambahnya.

Pria yang akrab disapa Chief RA tersebut juga menekankan, untuk mendukung kreativitas anak bangsa, Kementerian Kominfo mengeluarkan Peraturan Menteri No. 5 Tahun 2016 tentang Uji Coba Teknologi Telekomunikasi, Informatika dan Penyiaran.

“Uji coba ini dilakukan untuk mengakomodir kreativitas anak bangsa, salah satunya Open BTS. Jadi uji coba ini akan dilakukan selama satu tahun dan tidak boleh komersil. Peraturan ini memberi ruang bagi siapa saja untuk melakukan uji coba di bidang telekomunikasi, internet dan penyiaran,” jelas menteri dikutip Kominfo.go.id. (Al)

%d blogger menyukai ini: