Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, Internasional, News Gempa 5,4 SR Guncang Taiwan

Gempa 5,4 SR Guncang Taiwan

gempa-ilustrasi-reuters

 

 

Sketsanews.com – Gempa berkekuatan 5,4 Skala Richter (SR) mengguncang wilayah Taiwan hari ini. Sejauh ini, tak ada laporan kerusakan maupun korban akibat gempa.

Dikutip dari Detik.com, Badan Survei Geologi Amerika Serikat, USGS menyatakan seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (25/11/2016), gempa tersebut mengguncang pada pukul 05.55 waktu setempat dan berpusat pada sekitar 81 kilometer sebelah timur kota Hualian, dengan kedalaman gempa 10 kilometer.

Sebelumnya pada Februari lalu, gempa berkekuatan 6,4 SR mengguncang dan menewaskan 117 orang. Mereka tewas saat sebuah gedung apartemen ambruk di kota Tainan, Taiwan selatan akibat gempa tersebut.

Gempa tersebut juga memicu pertanyaan mengenai buruknya konstruksi bangunan. Terkait robohnya apartemen tersebut, lima orang telah ditangkap dan dijerat dakwaan.

Taiwan berada di dekat persimpangan dua lempeng tektonik dan kerap diguncang gempa bumi. Gempa 6,3 SR juga pernah melanda Taiwan pada Juni 2013 lalu dan menewaskan empat orang. Gempa itu memicu bencana longsor yang luas.

Gempa terparah di Taiwan terjadi pada September 1999 silam. Saat itu, gempa berkekuatan 7,6 SR menewaskan sekitar 2.400 orang.

(Ro)

%d blogger menyukai ini: