Sketsa News
Home Berita Terkini, News Pengamat: Harus Ada Aturan Jelas Atur Akun Buzzer

Pengamat: Harus Ada Aturan Jelas Atur Akun Buzzer

Buzzer di medsos (Ilustrasi)
Buzzer di medsos (Ilustrasi)

Sketsanewscom, JAKARTA — Pengamat kebijakan publik, Agus Pambagyo menilai akun buzzer kini sudah menjadi sumber pendapatan bagi sebagian orang, terutama saat masa kampanye baik Pilkada maupun Pemilu. Menurutnya, buzzer membuat kampanye saat pemilu jadi lebih mudah.

Namun, karena semakin banyanya akun-akun buzzer, maka diperlukan aturan untuk menyaring mana akun yang menyebar berita bohong, mana akun yang mendidik. Sebab, saat ini belum ada aturan yang secara tegas mengatur buzzer, agar masyarakat bisa tau mana akun yang menyebar berita bohong dan kebencian, mana akun yang digunakan untuk hal positif.

”Tapi masyarakat disuruh menyaring sendiri apa betul atau tidak akun tersebut,” katanya dalam sebuah diskusi, di Cikini, Jakarta, Sabtu (26/11).

Ia menjelaskan, saat ini masyarakat menelan begitu saja informasi yang diterima tanpa dicek kebenarannya. Apalagi, informasi yang disebarkan menggunakan unsur agama, suku dan golongan dilangsir dari Republika.

Akibatnya, antara akun yang mendidik dan menjerumuskan masyarakat belum tentu tahu. Ia menyatakan, masyarakat terdidik saja belum tentu tahu suatu akun tersebut menyebar fakta atau fitnah.

“Regulasi mesti diperkuat, semuanya mesti disesuaikan. UU kita deliknya harus aduan, kalau orang baik tidak mau lapor karena repot. Artinya harus ada tools lain yang bisa membantu masyarakat menilai fake atau tidak,” ujarnya.

Tri

%d blogger menyukai ini: