Sketsa News
Home Berita Terkini, News, Tekno-Sains Google dan Facebook Perangi Berita Palsu

Google dan Facebook Perangi Berita Palsu

 Facebook (Foto: Tech Crunch)
Facebook (Foto: Tech Crunch)

Sketsanews.com – Belakangan ini, perusahaan teknologi seperti Facebook dan Google dituding menyebarkan berita palsu. Mengetahui hal itu, dua raksasa teknologi itu tidak tinggal diam dan mulai memerangi berita palsu.

Menyadari informasi yang beredar di kain santer terdengar, CEO Facebook Mark Zuckerberg kini berusaha untuk memerangi berita palsu, baik secara teknis maupun filosofis. Lebih jelasnya, Mark memaparkan akan terdapat sistem otomatisasi yang bisa mendeteksi adanya berita palsu melalui sistem penandaan dengan bendera.

Dikutip dari Okezone, Hal itu dikatakan untuk mempermudah orang-orang dalam melaporkan adanya berita palsu. Sistem ini akan bekerja sama dengan para jurnalis dan organisasi verifikasi pihak ketiga. Selain itu, terdapat pula label yang menunjukkan suatu konten merupakan palsu.

Tak hanya Facebook yang tampaknya serius memerangi berita palsu, rivalnya Google juga ikut memerangi berita palsu menyusul kritikan yang datang untuk platform-nya. Google berencana menghapus bagian ‘In The News’ dari bagian atas hasil pencarian desktop dalam hitungan minggu.

Sebagai penggantinya, Google memunculkan carousel (slider berupa gambar atau konten yang terdapat dalam Bootstrap) dari ‘Top Stories’ yang serupa dengan apa yang ada di ponsel. Menurut sumber yang akrab dengan rencana ini, langkah tersebut telah direncanakan selama beberapa waktu.

Penghapusan kata ‘news’ disinyalir membantu menarik garis tajam antara produk Google News yang diperiksa manusia dan produk pencarian utama, seperti dilaporkan Business Insider. Seperti diketahui, Google baru-baru ini menghadapi pengawasan ketika salah satu hasil berita teratas untuk pemilu diketahui sebagai berita palsu. (Al)

%d blogger menyukai ini: