Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, News Film “Jakarta Unfair” Dilarang Diputar di Cinema XXI TIM

Film “Jakarta Unfair” Dilarang Diputar di Cinema XXI TIM

jakarta-unfairlagi

Sketsanews.com – Unit Pengelola Teknis Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta melarang pemutaran film dokumenter Jakarta Unfair karena alasan areal TIM adalah pusat kesenian dan kebudayaan yang berada di bawah naungan Pemda DKI, kata seorang panitia.

Ketua pelaksana penayangan dan diskusi film, Rahma Indira Marino, menyatakan panitia berencana memutar Jakarta Unfair pada 26 November 2016, tapi pada saat akan memasang baliho di depan pintu masuk TIM sehari sebelum pemutaran, keluar larangan dari Unit Pelaksan Teknis TIM.

“Pihak Unit Pelaksana Teknis TIM merasa berisiko bila film itu diputar di Kompleks TIM,” kata Rahma dalam keterangan tertulis kemarin dikutip dari Rimanews.

Jakarta Unfair yang diproduksi oleh WatchDoc rencananya akan diputar di gedung bioskop Cinema XXI, TIM, Sabtu 26 November 2016 pukul 19.16 WIB sebagai bagian dari rangkaian dari acara 10th Documentary Days 2016. Penyelenggaranya adalah Fakultas Ekonomi dan Bisnis  Universitas Indonesia.

Film itu dibuat oleh 15 relawan dari berbagai kampus di Jabodetabek yang merekam penggusuran-penggusuran perkampungan-perkampungan dan rumah-rumah warga di DKI Jakarta selama enam bulan sejak April silam.

Beberapa adegan dalam film menampilkan rekaman video pasangan Jokowi-Ahok, saat mereka maju ke Pilkada DKI Jakarta 2012 lengkap dengan janji-janji manis bagi warga miskin dan terpinggirkan, termasuk video Jokowi yang bercerita pengalamannya saat rumahnya di pinggir Sungai Bengawan Solo, tergusur.

Selain Jakarta Unfair, Unit Pengelola Teknis TIM juga melarang pemutaran Jihad Selfie karena khawatir isu dalam film menimbulkan hal-hal yang tidak diharapkan pada saat maupun sesudah penayangan.

Tri

%d blogger menyukai ini: