Sketsa News
Home Berita Terkini, News Janji Jokowi: Dana Desa Naik Dua Kali lipat

Janji Jokowi: Dana Desa Naik Dua Kali lipat

jokowi_dan_wartawan_assing_sketsanews

Sketsanews.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo berjanji untuk menambah anggaran dana desa pada anggaran tahun 2018, menjadi dua kali lipat dari anggaran 2017 yang telah dialokasikan Rp60 triliun.

“Tahun depan kan sudah Rp60-an (triliun) dari Rp47 (triliun) 2016. Tahun depannya sudah kita hitung-hitung, saya mau diduakalilipatkan. 2018 dua kali lipat tapi masih dihitung,” kata Jokowi di Desa Sumurgeneng, Kecamatan Jenu, Tuban, Senin (28/11/2016).

Menurutnya, dana telah memberikan efek berantai terhadap perekonomian masyarakat desa. “Ini dalam rangka memberikan efek perputaran uang di bawah, di desa, di daerah, sehingga masyarakat mendapatkan manfaat dari itu,” ungkapnya.

Presiden mencontohkan, dana Desa Sumurgeneng yang sekitar Rp600 juta ditambah anggaran dari kabupaten dan provinsi sebesar Rp400 juta telah menghidupkan perekonomian masyarakatnya.

“Meskipun yang kita lihat yang dikerjakan hal-hal yang kecil-kecil untuk pengerasan jalan seperti ini, kemudian untuk pembuatan saluran air seperti ini, tapi perputaran uang yang ada di desa ini, sekali lagi Rp1 miliar lebih, Rp1,80 miliar. Tadi saya saya cek angka-angkanya kan bagus,” kata Presiden, sebagaimana dikutip dari HarianTerbit.

Jokowi juga mengungkapkan hasil laporan dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) terkait penggunaan dana desa telah menunjukkan tepat sasaran.

(Wis)

%d blogger menyukai ini: