Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, News Penuhi Kebutuhan Petani, Mentan Gadaikan Surat Alsintan

Penuhi Kebutuhan Petani, Mentan Gadaikan Surat Alsintan

amran-sulaiman-sketsanews

Sketsanews.com, Jakarta  – Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan pemangkasan anggaran yang dilakukan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani menjadi hambatan tersendiri bagi kementeriannya dalam mencapai target. Sebab, meski anggaan dipangkas, target yang dibebankan kepada Kementerian Pertanian tidak dipotong.

“Kita fokus anggaran seperti SPD sebesar Rp 1,2 triliun untuk didahulukan kepada petani. Tapi anggaran akhir tahun kurang 35 persen tapi target naik. Ini ujian bagi menteri apakah bisa lolos atau tidak,” kata Amran di Hotel Pullman, Jakarta, Senin (28/11), seperti dikutip dari Merdeka.

Untuk memenuhi kebutuhan para petani, Kementan akan menggadaikan surat dari alat dan mesin pertanian (alsintan) kepada perbankan. Nantinya, dia akan menemui Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk mendapatkan persetujuan dari pegadaian tersebut.

“Kami berfikir keras karena dana alsintan ditarik Rp 2 hingga 3 triliun. Kami ingin gadai surat alsintan ke perbankan sehingga alsintan bisa peroleh anggaran 20 triliun. Tapi perbankan takut sama BPKP. Padahal kalau terealisasi bisa capai 3 tahun anggaran,” imbuhnya.

Selain itu, Kementerian Pertanian juga masih akan memberikan benih unggul kepada petani untuk menanggulangi masalah ketahanan pangan. Dengan demikian, kendala pemangkasan anggaran dapat diatasi.

“Tapi kita tetap berikan benih unggul, sekarang ada 10 ton gratis seluruh Indonesia. Semoga bisa tercapai target lainnya,” pungkas Amran.

(Ro)

%d blogger menyukai ini: