Sketsa News
Home Berita Terkini, News Banyak Program Trump Mirip RI, Jokowi: Kami Senang Hati Bagi Pengalaman

Banyak Program Trump Mirip RI, Jokowi: Kami Senang Hati Bagi Pengalaman

Foto: dok. Forbes
Foto: dok. Forbes

Sketsanews.com, Jakarta – Sejak resmi ditetapkan sebagai presiden terpilih Amerika Serikat (AS), Donald Trump langsung memaparkan sejumlah program ekonomi yang ingin direalisasikannya nanti.

Beberapa program ekonomi Trump antara lain membangun infrastruktur besar-besaran, menderegulasi aturan yang menghambat bisnis, dan pengampunan pajak atau tax amnesty.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut, rupanya dirinya melihat banyak kesamaan antara program yang diwacanakan Trump beberapa hari belakangan ini, dengan program ekonomi yang sudah dilakukannya di Indonesia.

“Saya paham di AS, Trump sekarang sedang mempertimbangkan beberapa kebijakan seperti meluncurkan program pengembangan infrastruktur, deregulasi aturan dan persyaratan bisnis,” ujar Jokowi di acara Forbes Global CEO Conference 2016 di Hotel Shangri La, Jakarta, Selasa (29/11/2016). seperti dikutip dari detik.

“Juga meluncurkan program tax amnesty besar-besaran untuk menarik dana US$ 2,5 triliun dari perusahaan dalam bentuk uang tunai yang berada di luar negeri. Juga merencanakan program infrastruktur utama, upaya deregulasi, tax amnesty. Saya harus mengatakan, kok kedengarannya saya seperti mengenal semua program tersebut ya,” katanya lagi.

Dengan nada bercanda, Jokowi pun mengatakan Trump bisa belajar darinya lantaran semua program-program ekonominya tersebut sudah dilakukan di Indonesia.

“Kalau Trump ingin mendapatkan kiat dari saya, kami akan senang hati untuk membagikan pengalaman yang sudah kami dapatkan,” ucap Jokowi. (Al)

%d blogger menyukai ini: