Sketsa News
Home Berita Terkini, News Ikut Aksi 2 Desember, FUI Banyumas Berangkatkan 20 Bus ke Jakarta

Ikut Aksi 2 Desember, FUI Banyumas Berangkatkan 20 Bus ke Jakarta

ikut-aksi-2-desember-fui-banyumas-berangkatkan-20-bus-ke-jakarta

Sketsanews,com Forum Umat Islam (FUI) Banyumas akan memberangkatkan massa untuk mengikuti aksi 2 Desember 2016 di Jakarta. Pernyataan tersebut disampaikan Koordinator FUI Banyumas, Fuad Sirajuddin Yahya disela-sela aksi Nusantara Bersatu yang dilaksanakan di Alun-Alun Purwokerto, Rabu (30/11).

“Kami akan berangkatkan sekitar 20 bus ke Jakarta untuk mengikuti aksi 2 Desember 2016. Pemberangkatan akan dilaksanakan besok (Kamis 1 Desember 2016) dari sini (Alun-Alun Purwokerto),” katanya.

Ia mengemukakan, pemberangkatan tersebut akan dilaksanakan selesai salat asar berjamaah di Masjid Baitusalam. Fuad mengemukakan, animo warga yang ingin mengikuti aksi di Jakarta sudah terlihat meningkat saat dibuka pendaftaran sejak dua minggu lalu.

“Awalnya, kami hanya menyediakan tiga bus, tetapi kemudian bertambah.dikutip dari Merdeka.com Hingga akhirnya saat ini kami akan menyediakan 20 bus untuk mengangkut mereka ke Jakarta,” ujarnya.

Hingga saat ini, ia mengemukakan sudah lebih dari 700-an orang yang menyatakan akan mengikuti aksi 2 Desember 2016. Diakuinya, meningkatnya animo tersebut disebabkan beberapa faktor yang membuat umat Islam di Banyumas membulatkan tekad untuk ikut aksi di Jakarta.

“Beberapa faktor yang mendukung antara lain karena beberapa waktu lalu, santer adanya berita Buni Yani ditahan oleh Polri. Tetapi, ternyata Buni Yani tidak ditahan kepolisian. Kemudian, adanya pernyataan Basuki Tjahaja Purnama yang menyatakan peserta aksi dibayar Rp 500 ribu dan terakhir, adanya aksi jalan kaki yang dilakukan umat Islam Ciamis menuju Jakarta. Aksi inilah yang kemudian membakar tekad warga yang peduli untuk ikut ke Jakarta,” ujarnya.

Terpisah, Bupati Banyumas Achmad Husein mengatakan pihaknya tidak akan melarang warga Banyumas yang akan ikut aksi 2 Desember. Ia mengemukakan, aksi demonstrasi tersebut merupakan hak warga negara. “Itu adalah hak masyarakat dan kita tidak dapat menghalangi,” ujarnya.

Sementara itu, selain akan mengikuti aksi di Jakarta, FUI Banyumas juga akan melakukan aksi di Kota Purwokerto pada 2 Desember 2016 nanti. Diperkirakan ada sekitar dua ribuan massa yang akan melakukan aksi dengan keliling kota.

(As)

%d blogger menyukai ini: