Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, Internasional, News Partai Oposisi Korsel Sepakat Makzulkan Presiden

Partai Oposisi Korsel Sepakat Makzulkan Presiden

Sketsanews.com, Korsel. – Tiga partai oposisi utama Korea Selatan, Rabu (30/11), sepakat untuk tetap pada rencana mereka memakzulkan Presiden Park Geun-hye.

president-park-400x241

Sebelumnya, Park diminta untuk mengundurkan diri menyusul demonstrasi masif terkait skandal politik yang melibatkan presiden perempuan pertama Korsel itu dan orang kepercayaannya.

“Rakyat Korea Selatan tidak ingin memasuki tahun baru dengan Park Geun-hye sebagai presiden,” ujar Choo Mi-ae, pemimpin Partai Demokrat, jelang pertemuan oposisi. Dilarsir dari Swaramerdeka.com.

“Hanya ada satu cara berdasarkan konstitusi kita untuk menghentikan masa jabatan seorang presiden dan itu adalah mosi pemakzulan,” katanya.

Usai pertemuan, ketiga partai itu mengatakan dalam konferensi pers gabungan bahwa Park harus segera turun tanpa menetapkan syarat pengalihan kekuasaan.

Partai-partai oposisi sepakat untuk melakukan pemungutan suara mengenai mosi pemakzulan paling awal Jumat atau bertemu lagi jika rencana ini tidak berhasil, menurut kantor berita Yonhap. Partai Demokrat, sebelumnya dikenal dengan nama Minjoo, tidak memberikan konfirmasi atas laporan ini.

Oposisi sebelumnya mengatakan mereka akan mencoba memakzulkan Park Jumat pekan depan (9/12) pada sidang paripurna parlemen.

Pemakzulan Park memerlukan dukungan dari dua pertiga anggota parlemen yang berjumlah 300 orang. Ketiga partai oposisi dan para anggota parlemen independen yang anti-Park memiliki total 172 kursi, yang berarti mereka perlu bantuan para pembelot dari Partai Saenuri yang berkuasa.(ip)

%d blogger menyukai ini: