Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, News Buzzer Jokowi Galang Dukungan Copot Jaksa Agung! Ada Apa?

Buzzer Jokowi Galang Dukungan Copot Jaksa Agung! Ada Apa?

buzzer-ahok-sketsanews

Sketsanews.com, Jakarta – Tersangka penistaan agama Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), pagi ini (01/12) sudah diserahkan penyidik Badan Reserse Kriminal Polri kepada Kejaksaan Agung sebagai proses tahap dua.

Yang menarik, dalam waktu yang bersamaan di sosial media Twitter telah digalang hastag atau tanda pagar #GantiJaksaAgung.

Uniknya, salah satu netizen yang dikenal sebagai buzzer Presiden Joko Widodo, Ridlwan Habib, di akun @ridlwandjogja ikut menggalang hastag #GantiJaksaAgung.

“Sudah ada hestek #GantiJaksaAgung? Mau ikutan……,” tulis @ridlwandjogja.

Desakan untuk mengganti HM Prasetyo memang semakin kuat. Presiden Joko Widodo diminta mempertimbangkan kinerja Jaksa Agung HM Prasetyo. Pasalnya, Kejaksaan Agung (Kejagung) di bawah pimpinan HM Prasetyo dinilai banyak mengalami kemunduran kinerjanya.

“Menurut saya itu harus jadi pertimbangan Presiden untuk melihat kinerja Jaksa Agung karena kemunduran kinerjanya,” kata Pakar Hukum Pidana Abdul Fickar Hadjar seperti dikutip Okezone (20/11).

Seperti dilansir intelijen.co.id, bahwa posisi Jaksa Agung, menurut Abdul, sangat penting dalam penegakkan hukum di Indonesia. “Karena kalau dari partai politik dia akan kesulitan dalam meng‎hadapi kasus penegakan hukum, karena tidak jarang yang menjadi tersangka dari partai politik. Intinya jangan dari partai politik,” tegas Abdul.

Sebelumnya, Indonesia Corruption Watch (ICW) juga memberikan rapor merah terhadap kinerja Jaksa Agung selama dua tahun pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Ditambah, Masyarakat Pemantau Peradilan Indonesia Fakultas Hukum UI (MaPPI FH UI) menilai terdapat kemunduran dari Kejaksaan Agung mulai dari reformasi birokrasi, integritas aparatur, dan kinerja kejaksaan.

(Tgh)

%d blogger menyukai ini: