Sketsa News
Home Berita Terkini, News Aksi 212 Berjalan Damai, Rupiah Sore Kemarin Menguat

Aksi 212 Berjalan Damai, Rupiah Sore Kemarin Menguat

 

Karyawati menghitung mata uang rupiah di salah satu tempat penukaran valuta asing di Jakarta.
Karyawati menghitung mata uang rupiah di salah satu tempat penukaran valuta asing di Jakarta.

Sketsanews.com, Jakarta – Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS pada perdagangan hari ini ditutup menguat tipis 12 poin di level Rp 13.512 per dolar AS. Rupiah tercatat bergerak di zona hijau sepanjang perdagangan hari ini.

Berdasarkan data Bloomberg, pada Jumat (2/12) pagi rupiah dibuka menguat di level Rp 13.524 per dolar AS. Adapun rentang gerak rupiah hari ini berada di kisaran Rp 13.459 -Rp 13.539 per dolar AS.

Analis Riset dari Samuel Sekuritas, Rangga Cipta menilai, penguatan rupiah hari ini karena sentimen positif dari global yakni pelemahan dolar AS. Sementara dari domestik karena aksi demonstrasi yang berjalan damai.

“Dolar AS masih lemah, dan dari domestik, aksi demo ternyata damai tadi. Jadi overall positif,” ujar Rangga kepada Republika, Jumat (2/12).

Menurut Rangga, pelemahan dolar AS terjadi karena koreksi shock akibat dolar AS yang sudah menguat terlalu besar semenjak 3 minggu yang lalu. Kendati begitu, ia menilai penguatan rupiah mungkin hanya sementara, sehingga rupiah bisa melemah lagi minggu depan.

Berdasarkan data Bloomberg, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS menguat tipis 41 poin atau 0,3 persen di kisaran Rp 13.524 per dolar AS. Hingga pukul 09.21 WIB, rupiah bergerak di kisaran Rp 13.523 per dolar AS.
(Fya)

%d blogger menyukai ini: