Sketsa News
Home Berita Terkini, News Ada Mobilisasi Massa Bergaya Orba di Aksi 412

Ada Mobilisasi Massa Bergaya Orba di Aksi 412

AlMuzzammil Yusuf
AlMuzzammil Yusuf

Sketsanews.com, Jakarta – Wakil Ketua Komisi II DPR Almuzzammil Yusuf menyatakan, ada gaya Orde Baru dalam aksi Kita Indonesia di Bundaran Hotel Indonesia (HI) Jakarta Pusat, Minggu (4/12). Hal itu terungkap dari beredarnya surat sejumlah instansi pemerintahan yang memerintahkan para pegawainya untuk ikut acara berjuluk Aksi 412 itu.

Almuzzammil mengaku memperoleh sejumlah salinan elektronik dari beberapa beberapa kementerian yang isinya memerintahkan aparatur sipil negara (ASN) ikut acara yang berbarengan dengan kegiatan car free day itu (CFD). Isinya memang upaya memobilisasi PNS.

“Jika dugaan itu benar, maka kita jadi teringat era Orde Baru. Semua PNS dimobilisasi untuk mendukung kegiatan politik partai pendukung pemerintah,” ujar Almuzzammil dalam keterangannya.

Padahal, kata dia, ASN seharusnya ASN bersikap netral dan tidak terlibat politik praktis. Sedangkan dalam Aksi 412, yang terlihat justru bendere-bendera partai.

Karenanya politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu  meminta Badan Kepegawaian Negara (BKN), Ombudsman RI serta Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) mengklarifikasi dan memeriksa pimpinan kementerian yang menerbitkan surat perintah kepada ASN untuk ikut Aksi 412. “Jika terbukti menyalahi aturan, harus diberi sanksi tegas,” ujarnya.

Legislator asal Lampung itu menambahkan, ASN di era reformasi dituntut untuk bersikap kritis terhadap kebijakan pimpinannya. “Saat ini bukan lagi Era Orde Baru. ASN dituntut kritis,” tutur ketua bidang politik, hukum, dan keamanan DPP PKS itu, sebagaimana dikutip dari Jpnn.

(Wis)

%d blogger menyukai ini: