Sketsa News
Home Berita Terkini, Internasional, News Presiden Obama dan PM Jepang Akan Kunjungi Pearl Harbor Akhir Desember Ini

Presiden Obama dan PM Jepang Akan Kunjungi Pearl Harbor Akhir Desember Ini

1e1b0625-2b62-479a-8de6-ae53760f5faa_43

Sketsanews.com Tokyo – Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe akan berkunjung ke Pearl Harbor bersama Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama pada akhir bulan ini. Shinzo Abe mengatakan kunjungannya ini untuk menenangkan jiwa-jiwa korban serangan mendadak militer Jepang pada pasukan AS ke Pearl Harbor 75 tahun yang lalu.

“Saya akan mengunjungi Pearl Harbor dengan Presiden Obama. Ini akan menjadi kunjungan untuk menenangkan jiwa-jiwa korban serangan di sana,” kata Abe wartawan seperti dilansir Reuters, Senin (25/2/2016).

Abe mengatakan bahwa apa yang telah terjadi puluhan tahun lalu tidak boleh terulang, terutama teror akibatnya pecahnya Perang Dunia 2 sejak pemboman di Pearl Harbor itu.

“Saya ingin menunjukkan tekad kepada dunia kengerian akibat peperangan tidak boleh terulang,” tambahnya.

Abe akan mengunjungi Hawaii pada 26 dan 27 Desember dan akan mengadakan pertemuan puncak terakhir dalam agenda kunjungannya untuk bertemu dengan Obama. Abe sendiri akan menjadi Perdana Menteri pertama Jepang yang mengunjungi pangkalan angkatan laut di Hawaii tersebut.

Pasukan Jepang menyerang Pearl Harbor dengan pesawat torpedo, pengebom dan pesawat tempur pada pagi hari 7 Desember 1941. Serangan bom yang tertuju pada armada AS tertambat di sana, dengan harapan dapat menghancurkan kekuatan AS di Pasifik.

Serangan itu menyebabkan Amerika Serikat memasuki Perang Dunia II sekaligus kekalahan Jepang pada bulan Agustus 1945, yaitu beberapa hari setelah serangan bom atom AS di Hiroshima dan Nagasaki.
(Ags/DETIK)

%d blogger menyukai ini: