Sketsa News
Home Berita Terkini, Tekno-Sains Windows 10 Bakal Kompatibel dengan Perangkat Snapdragon

Windows 10 Bakal Kompatibel dengan Perangkat Snapdragon

Sketsanews.com, Jakarta – Microsoft tengah bekerja sama dengan Qualcomm untuk menghadirkan Windows 10 versi penuh di perangkat yang menggunakan prosesor Snapdragon.

Ted Myerson, executive VP Windows and Device Group Microsoft menyebut pihaknya sangat bersemangat untuk membawa Windows 10 ke ekosistem ARM, agar sistem operasi tersebut nantinya bisa dijalankan di bermacam perangkat yang tipis, ringan, hemat energi dan selalu terkoneksi ke internet.

Perangkat-perangkat dengan prosesor Snapdragon nantinya akan bisa menjalankan Microsoft Office, Windows Hello, Windows Pen dan browser Edge, termasuk bermacam aplikasi pihak ketiga yang ada di kategori Universal Windows Platform (UWP).

Namun yang paling menarik adalah, aplikasi-aplikasi Windows lama yang masuk dalam kategori aplikasi x86 (32 bit) juga akan bisa dijalankan di perangkat tersebut, demikian dikutip detikINET dari Anandtech, Jumat (9/12/2016).

Pihak Qualcomm pede Windows 10 untuk ekosistem ARM ini akan bisa meluncur pada tahun 2017 mendatang. Meski ada yang menganggap hal tersebut sulit dilakukan, pasalnya ini bukan pertama kalinya Microsoft coba menjamah ekosistem ARM, setelah sebelumnya mereka merilis Windows RT. Namun sayangnya Windows 8 versi ringan tersebut gagal di pasaran.

Tri

%d blogger menyukai ini: