Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Headlines, News Mantan Menkeu Mar’ie Muhammad Meninggal Dunia

Mantan Menkeu Mar’ie Muhammad Meninggal Dunia

Mantan Menteri Keuangan Mar’ie Muhammad meninggal dunia, Minggu (11/12) dini hari di RS Pusat Otak Nasional, Jakarta. (sketsanews.com)

Sketsanews.com, Jakarta – Marie Muhammad, mantan Menteri Keuangan RI, tutup usia Minggu (11/12) dini hari, sekitar pukul 01.30 WIB di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional, Jakarta.

“Innalillahi wainnalillahi rojiun telah meninggal dunia papa kami, diddy kami Mar’ie Muhammad, sekitar pukul 01.30. Mohon dimaafkan segala dosa dan kesalahan Almarhum selama ini dan semoga semua amal ibadah beliau bisa diterima disisi-Nya. Amin,” kata menantu Mar’ie Muhammad, Zainal Irwan, dalam pesan singkat yang diterima CNNIndonesia.com, Minggu pagi.

Mar’ie mengembuskan nafas terakhir di usia 77 tahun. Sebelumnya, sejak pertengahan November lalu, Mar’ie sudah dirawat di RS Pusat Otak Nasional, namun keluarga enggan memberitahukan penyakit yang diderita menteri era presiden Soeharto itu.

Pihak keluarga menyatakan itu adalah hal yang privat.

Sebagaimana dilansir cnnindonesia.com, Mar’ie Muhammad lahir di Surabaya 3 April 1939. Dia diberi gelar ‘Mr. Clean’ karena perjuangannya memberantas korupsi di lingkungan keuangan. Ia juga berupaya meningkatkan efisiensi dan membersihkan institusi dari pegawai yang korup.

Sebelum menjadi Menkeu, lulusan Master of Arts In Economics, Universitas Indonesia itu mengabdi sebagai Direktorat Jenderal Pengawasan Keuangan Negara Departemen Keuangan RI (1969 – 1972). Kemudian dia menjabat sebagai Direktur di Direktorat Jenderal Pembinaan BUMN Departemen Keuangan RI (1972-1988).

Kariernya berlanjut di Direktorat Jenderal Pajak, Departemen Keuangan sebagai Direktur Jenderal (1988-1993 ), dan diangkat menjadi Menteri Keuangan Kabinet Pembangungan VI (1993-1998).

Selama menjadi menteri, banyak gebrakan yang dilakukan Mar’ie diantaranya, menolak dana taktis dan anggaran perjalanan dinas yang dinilai terlalu besar.

Gerakan bersih Mar’ie sempat mengantarkan Indonesia menjadi pelopor di Asia Tenggara dalam bidang perekonomian, di awal 1997.

Paripurna sebagai menteri, Mar’ie tercatat pernah menjadi Ketua Oversight Committee (OC) BPPN, Ketua Palang Merah Indonesia (PMI), Ketua Komite Kemanusiaan Indonesia (KKI), Ketua Masyarakat Transparansi Indonesia (MTI), dan komisaris utama PT Bank Syariah Mega Indonesia.

(Jp)

%d blogger menyukai ini: