Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Ekonomi & Bisnis, Headlines, News KATA MEREKA: APBN 100% Bebas Korupsi, Mungkinkah?

KATA MEREKA: APBN 100% Bebas Korupsi, Mungkinkah?

P

Sketsanews.com, JAKARTA – Dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara atau APBN sangat rawan dengan tindakan korupsi. Besarnya jumlah APBN menjadi lahan yang empuk sebagai sumber penyelewengan keuangan negara

Dalam APBN 2017 sendiri telah disepakati bahwa pendapatan negara adalah sebesar Rp1.750 triliun dan belanja negara sebesar Rp2.080,45 triliun. Terdapat besaran defisit pada tahun 2017 sebesar 2,41% terhadap PDB atau sebesar Rp330,16 triliun.

Pada sebuah kesempatan Presiden Joko Widodo (Jokowi)meminta kepada setiap jajaran pemerintah untuk memanfaatkan dana ini demi kepentingan umum. Selain itu, Jokowi juga meminta dana ini untuk tidak disalahgunakan demi kepentingan pribadi.

“Sudah saya sampaikan APBN 2017 mencapai Rp2080,5 triliun yang ada di kementerian dan lembaga dan juga ditransfer ke daerah. Pesan saya satu, jangan ada yang dikorupsi satu Rupiah pun dari APBN kita 2017. Titip pesan, jangan dikorupsi satu Rupiah pun APBN kita ini. Mekanisme pencegahan sudah ada. Ini mengingatkan saja karena ini duit gede banget,” tutur Jokowi di Istana Negara, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Lantas apakah masyarakat yakin bahwa dana APBN tidak akan diselewengkan sepeser pun oleh jajaran negara?

Okezone telah mewawancarai sejumlah orang terkait pemanfaatan dan penggunaan APBN. Berikut tanggapan mereka.

1. Ilma Ovani (25), Karyawan Swasta

APBN itu kan jumlahnya besar banget ya, rasanya agak sulit kalo dibilang nggak bakal dikorupsi. Uang sebanyak itu pasti bikin pejabat tergoda kalau menurut saya.

Agar APBN bisa dimanfaatkan dengan baik dan tidak dikorupsi harus ada kejelasan uang APBN itu mau dipakai buat apa-apa saja.

Sejauh yang saya lihat masyarakat belum merasa sejahtera ya. Mungkin penggunaan APBN harus lebih diutamakan untuk kepentingan rakyat.

Saran saya buat pemerintah harus bisa benar-benar mengawasi penggunaan APBN. Biar nggak kecolongan sama pihak yang nggak bertanggung jawab.

2. Riyadh (28) Karyawan Swasta

Saya pribadi agak ragu ya kalau APBN bisa bebas dari korupsi. Ngawasi duit segede itu kan nggak gampang juga ya.

Agar APBN nggak dikorupsi harus benar-benar diawasi dan dikasih sanksi yang tegas supaya bisa memberikan efek jera buat yang nyelewengin uang APBN.

Menurut saya APBN belum dimaksimalkan untuk kepentingan rakyat. Masa duit APBN sebanyak itu tapi rakyat masih banyak yang susah.

Saran saya buat pemerintah, harus bisa mengelola APBN supaya benar-benar bisa dimanfaatkan untuk kepentingan rakyat dan menyejahterakan rakyat.

3. Meli Riana (26), Karyawan Swasta

APBN bebas dari korupsi menurut saya mustahil banget. Ngawasi pejabat negara supaya nggak korupsi daja masih susah kan.

Agar APBN tidak dikorupsi pribadi masing-masing pejabat negara harus dibenahi. Kalau cuma aturannya doang nggak akan berpengaruh banyak menurut saya.

Yang saya rasakan sendiri sih penggunaan APBN buat kepentingan masyarakat belum benar-benar bisa dirasakan ya. Mungkin belum optimal.

Saran saya, pemerintah harus mengutamakan rakyatnya. APBN harus bisa menyejahterakan rakyatnya.

4. Elis (28), Karyawan Swasta

Menurut saya APBN itu nggak bisa lepas dari yang namanya korupsi. Biarpun sedikit pasti ada aja yang dikorupsi.

Supaya APBN nggak dikorupsi hukumnya harus dibenarkan, sanksinya dipertegas dan harus benar-benar dipantau penggunaan APBN.

Dari seluruh APBN saya rasa nggak semuanya digunakan untuk kepentingan rakyat. Banyak juga yang diselewengkan untuk kepentingan-kepentingan tertentu.

Pemerintah saran saya harus membenahi jajarannya. Masa dari dulu nggak pernah bisa menghilangkan yang namanya korupsi.

5. Panca Sumarna (24), Mahasiswa

Korupsi itu pasti ada di mana-mana, dan menurut saya dana APBN nggak mungkin enggak dikorupsi.

Supaya APBN nggak dikorupsi harus tegas pemerintahnya dan lembaga yang ngawasi APBN dan tindak korupsi.

Kalau sudah dikorupsi sudah pasti APBN nggak bisa sepenuhnya dimanfaatkan untuk kepentingan rakyat banyak.

Saran buat pemerintah harus bisa benar-benar lenyapkan yang namanya budaya korupsi. Bosan juga sebentar-sebentar liat berita korupsi.

(Jp)

%d blogger menyukai ini: