Sketsa News
Home Berita Terkini, Internasional, News Citra Satelit Buktikan Hubungan Militer dengan Pembakaran Desa Rohingya

Citra Satelit Buktikan Hubungan Militer dengan Pembakaran Desa Rohingya

Sketsanews.com ,NAYPYIDAW – Citra satelit dari sebuah desa di Rakhine menunjukkan adanya hubungan antara tentara Myanmar dengan pembakaran desa warga Muslim Rohingya. Kelompok hak asasi manusia internasional, Human Right Watch (HRW), mengungkapkan adanya truk-truk militer yang aktif di pos dekat Desa Wa Peik, Provinsi Rakhine, saat terjadi kebakaran. Hal ini membuktikan adanya tentara Myanmar di daerah itu pada waktu kejadian.

“Sulit dipercaya kelompok militan membakar 300 bangunan di Wa Peik selama lebih dari sebulan, sementara pasukan keamanan Myanmar hanya berdiri di sana dan menonton,” kata Direktur HRW Wilayah Asia, Brad Adams, sebagaimana dilansir BBC, Selasa (13/12/2016).
“Pejabat Pemerintah Myanmar telah tertangkap oleh citra satelit, dan ini waktunya mereka mengakui bantahan yang terus dilakukan tidak memiliki kredibilitas,” tambahnya.

Dikutip dari Okezone , juru Bicara Pemerintah Myanmar Zaw Htay menolak berkomentar atas tuduhan yang dilayangkan HRW. Ia beralasan kini penyelidikan terhadap kejadian di Rakhine masih berlangsung.

Tim yang ditunjuk Pemerintah Myanmar telah menghabiskan waktu beberapa hari menelusuri desa-desa yang terkena dampak dari rangkaian kejadian di Rakhine. Mereka diperkirakan menyampaikan hasil penyelidikannya paling cepat akhir Januari 2017.

(Eni)

%d blogger menyukai ini: