Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, News Telkomsel Uji Coba Jaringan 4.5G LTE di Sulsel

Telkomsel Uji Coba Jaringan 4.5G LTE di Sulsel

Dua Sales Promotion Girls (SPG) berfoto bersama drone Ekspedisi Langit Nusantara (Elang Nusa) yang merupakan program pembuktian keandalan jaringan mobile broadband 4G LTE Telkomsel di 50 kota dari Sabang sampai Merauke di Grapari Telkomsel Bandar Lampung,Lampung. Selasa (26/4/2016). Rencananya, drone Elang Nusa akan singgah di 3 lokasi di Provinsi Lampung, yakni Pantai Pasir Putih mewakili banyak spot pantai indah yang tersebar di Lampung, Menara Siger Kalianda mewakili landmark budaya Lampung dan Pelabuhan Bakauheni sebagai lambang pintu masuk dan keluar Pulau Sumatera. (ANTARA FOTO/Tommy Saputra)

Sketsanews.com, Makasar – PT Telkomsel sebagai penyedia teknologi dan jaringan bersama mitra kerjanya Ericsson, Huawei, Nokia, dan ZTE mengimplentasikan teknologi 4.5G Long Term Evolution (LTE) di sembilan kota di Indonesia termasuk Makassar, Sulawesi Selatan.

“Penerapan teknologi 4.5G ini dan uji coba teknologi seluler 1Gbps yang kami lakukan merupakan tahapan menuju diimplementasikannya teknologi 5G di Indonesia,” kata Vice President ICT Area Pamasuka Ali Imran saat uji coba jaringan 4,5G di gedung Grapari Telkomsel, Makassar, Selasa.

Menurutnya, dengan hadirnya teknologi 4.5G pada pusat pelayanan pelanggan, mempertegas komitmen Telkomsel untuk senantiasa menjadi yang terdepan dalam penerapan teknologi mobile broadband terkini. Selain itu, memberikan pengalaman digital yang baru bagi para pelanggan.

“Kini pelanggan dapat merasakan pengalaman menggunakan layanan mobile broadband dengan teknologi terkini pada 11 Grapari yang ada di Medan, Jakarta, Bandung, Denpasar, Mataram, Pontianak, Manado, Ambon dan Makassar,” terang dia.

Teknologi 4.5G yang diimplementasikan Telkomsel, ujarnya menjelaskan, pemanfatan teknologi LTE di spektrum frekuensi 1.800 MHz dengan lebar pita 20 MHz yang dikombinasikan dengan teknologi 4X4 MIMO.

Penggabungan teknologi tersebut, lanjutnya, memungkinkan akses data melalui teknologi 4.5G lebih cepat hingga dua kali lipat daripada teknologi 4G serta latensi yang sangat rendah, kurang dari 10 milidetik dibandingkan teknologi 4G.

Di masing-masing Grapari, Telkomsel telah menyediakan experience booth yang dilengkapi dengan Customer-Premises Equipment (CPE) berupa device yang sudah mendukung teknologi 4.5G dan televisi LCD.

Dikutip dari antaranews, pelanggan dapat merasakan pengalaman menggunakan layanan mobile broadband berbasis teknologi 4.5G langsung dari device tersebut. Di samping itu, pelanggan juga bisa melakukan perambatan (tethering) dengan cara menghubungkan device pelanggan dengan device 4.5G memanfaatkan akses internet WiFi.

Imran menjelaskan Telkomsel selalu berupaya untuk mendorong terciptanya ekosistem digital yang lengkap di Indonesia, di mana selain perangkat dan aplikasi juga dibutuhkan network atau jaringan yang handal untuk menopang kenyamanan pelanggan dalam menikmati layanan data yang berkualitas.

Komitmen Telkomsel dalam menyediakan jaringan broadband yang handal juga dapat dilihat dari terpasangnya 5.200 eNode B(BTS 4G) yang melayani lebih dari 12 juta pelanggan 4G LTE dari 180 kota kabupaten di Indonesia.

“Saat ini kebutuhan pelanggan akan layanan data yang berkualitas semakin meningkat seiring dengan perilaku pelanggan yang semakin akrab dengan internet dan berbagai aplikasi digital. Melalui program peningkatan kualitas jaringan yang dinamakan dengan True Broadband Experience atau TrueBEx maka jaringan akan lebih stabil,” tambahnya.

Hadir pada uji coba tersebut yakni GM Sales Sulawesi Cheppy Djakaria, GM ICT Sulawesi Permata Jaya dan Direktur Marketing ZTE Mr Liang Weiqi usai menunjukkan komparasi kecepatan jaringan 3G, 4G dan 4,5G di layar monitor saat uji coba jaringan 4,5 di Gedung Grapari Telkomsel, Makassar, Sulsel.

(Fya)

%d blogger menyukai ini: