Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, News Anggota TNI Ini Warga Tionghoa dari Jambi

Anggota TNI Ini Warga Tionghoa dari Jambi

Hendra Kho

Sketsanews.com, Jambi – Nama warga Tionghoa yang sangat populer di Jambi satu diantaranya adalah The Hok. Tauke karet di zaman dulu ini bahkan namanya diabadikan menjadi nama kelurahan.

Ada pula nama Datuk Shin Thay. Ia disebut-sebut sebagai tokoh dari China yang turut menyebarkan agama Islam di kawasan Seberang.

Nah, di era kekinian, kiprah warga Tionghoa dari Jambi juga beragam. Seperti sosok satu ini. Ia berkiprah sebagai anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Siapa dia? Namanya Hendra Khoo.

Seperti dikutip dari Tribunnews, bahkan kakeknya Hendra juga personel militer Indonesia di masa silam.

Hendra pernah bertugas di Bravo 90 Penanggulangan Teror. Kakek Hendra datang dari Tiongkok sekitar tahun 1912. Kakek Hendra bernama Kho Bak Tjoa, yang menjadi pejuang 19445 di Riau.

Adapun orangtua Hendra bernama Djoni Kho dan Tjoa Ngang Heng.

“Saat masa pendidikan dulu, oleh pelatih, saya sering dipanggil Dji Sam Soe. Sebab nomor helm saya 234,” ujar Hendra. Dia masuk tentara karena terispirasi kakeknya yang datang dari Tiongkok sekira tahun 1912-an. “Dan ketika disini, dia juga mengangkat senjata,” kata pria asal Jambi ini.

Untuk diketahui, dari 256 orang lulusan perwira, Hendra Kho berada di peringkat ke-32. Dari 72 siswa matra udara, dia berada di urutan ketujuh dari 10 siswa terbaik.

Penelusuran Tribun di situs //tni-au.mil.id/, dengan menggunakan kata kunci “Hendra Kho” muncul satu berita dengan nama tersebut.

Berita yang dipublish pada 26 Maret 2015 itu berjudul TNI AU Selenggarakan 6th English Speech Contest. Salah satu juara lomba tersebut adalah Hendra Kho.

“Untuk kelompok Pama, juara pertama diraih Lettu Pnb Bayu Anugrah, Skadron Udara 14, juara kedua Kapten Sus Hendra Kho, SH, Korpaskhas, dan juara ketiga Kapten Kes dr Bhayu Rizzalinor, Wingdik Terbang Lanud Adisutjipto.” Demikian penggalan isi berita tersebut.

(Wis)

%d blogger menyukai ini: