Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Headlines, News 15 Ribu Personel Disebar Amankan Natal dan Tahun Baru di Jabar

15 Ribu Personel Disebar Amankan Natal dan Tahun Baru di Jabar

Foto: Masnurdiansyah

Sketsanews.com, Bandung – Aparat gabungan dari lintas sektoral siap mengamankan peringatan Natal 2016 dan perayaan tahun baru 2017 mendatang di Jabar. Polda Jabar sudah menyusun strategi selama berlangsungnya kegiatan pengamanan bersandi Operasi Lilin Lodaya itu.

Kapolda Jabar Irjen Pol Bambang Waskito menyebut pihaknya telah memetakan objek-objek yang menjadi perhatian pengamanan. Sebanyak 15 ribu personel gabungan diterjunkan dalam operasi tersebut.

“Tempat ibadah, keramaian, lokasi wisata, menjadi target pengamanan kita,” ucap Bambang usai rapat koordinasi lintas sektoral Operasi Lilin Lodaya di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Kamis (15/12/2016). Seperti dikutip dari detik.

Di objek tersebut, termasuk terminal, stasiun kereta dan bandara, menurut Bambang, aparat kepolisian bakal menerapkan pola pengamanan terbuka dan tertutup. Keberadaan polisi dan aparat gabungan dibantu elemen masyarakat ini bertujuan untuk mencegah gangguan keamanan.

Jalur lalu lintas di Jabar turut mendapat atensi polisi. Pergerakan kendaraan bermotor melintas di Jabar melalui jalur selatan, tengah, utara diprediksi meningkat saat libur Natal dan perayaaan tahun baru.

“Maka itu, kami juga mewaspadai jalur-jalur kendaraan, baik itu rawan kecelakaan dan bencana alam. Seperti di Garut yang rawan longsor, kami siapkan alat berat. Sehingga kalau terjadi longsor, bisa cepat mengatasi dengan melibatkan lintas sektoral,” ucap Bambang.

Selain itu, sambung Bambang, ruas jalan tol juga siap dijaga aparat gabungan untuk mengurai kemacetan dan menangkal aksi kriminal. “Jalur tol cukup rawan, maka kami mendirikan pos-pos pengamanan. Nanti ada pos polisi di rest area, sehingga masyarakat yang perlu istirahat bisa tetap aman dan nyaman. Jangan sampai kendaraan masyarakat ini dibobol (jadi sasaran pencuri) atau lain sebagainya,” tutur Bambang.

Bambang meminta seluruh lapisan masyarakat di Jabar turut terlibat jaga situasi kondusif dan menjunjung tinggi toleransi berkaitan perayaan Natal. Dia juga mengimbau kepada pengendara untuk memastikan kendaraannya laik jalan saat berpergian. Selain itu, Bambang bepesan, para pengemudi mobil dan motor agar menjaga stamina serta tidak memaksakan berkendara jika sakit dan ngantuk.

“Kalau cape, ya istirahat. Kalau dipaksakan tidak istirahat malah berbahaya,” ujar Bambang. (Al)

%d blogger menyukai ini: