Sketsa News
Home Berita Terkini, News BPOM Berniat Dirikan Kantor di Seluruh Kabupaten/Kota

BPOM Berniat Dirikan Kantor di Seluruh Kabupaten/Kota

Sketsanews.com ,SUKOHARJO – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) berencana mendirikan kantor di kabupaten/kota untuk mendekatkan perlindungan kepada masyarakat. Saat ini, BPOM masih mempersiapkan peraturan presiden yang berisi kewenangan, salah satunya adanya tindakan hukum bagi pelanggar regulasi.

“Ke depan BPOM menyiapkan perpres tentang kewenangan BPOM untuk melakukan tindakan sehingga bisa memberikan perlindungan masyarakat di kabupaten/kota. Keberadaan BPOM akan didirikan di kabupaten/kota,” kata Kepala BPOM, Peni Kusumastuti Lukito, seperti dikutip dari Okezone, Sabtu (17/12/2016).
Peni menambahkan, pembinaan terhadap UMKM obat tradisional terus dilakukan agar terhindar dari tindakan hukum. Dia berharap pengelola UMKM obat tradisional mendaftarkan produknya sehingga bisa diawasi.

Sementara, Kepala BPOM Jateng, Endang Pujiwati mengatakan, tahun ini ada dua pengelola obat tradisional di Kabupaten Cilacap yang diproses hukum. “Di Jateng terdapat 300-an UMKM tetapi yang aktif dan sudah mengurus Nomor Izin Edar (NIE) sejumlah 112 pengelola,” kata dia.

Sementara, Wakil Gubernur Jateng, Heru Sudjatmoko mendukung niat BPOM Pusat mendirikan BPOM di tingkat kabupaten/kota. Menurutnya, masyarakat setiap hari membutuhkan makanan dan obat sehingga perlindungan harus terjamin.

Heru menyatakan, apabila BPOM berdiri di kabupaten/kota intensitas pengawasan makanan dan obat lebih cepat dan terjangkau.

“Selama ini pengawasan berada di dinas kesehatan dan jika BPOM berdiri di setiap kabupaten/kota bisa bermitra dengan DKK,” kata dia.

(Eni)

%d blogger menyukai ini: