Sketsa News
Home Berita Terkini, News Cagub DKI Lebih Bagus Blusukan Dibandingkan Pidato di Gedung Mewah

Cagub DKI Lebih Bagus Blusukan Dibandingkan Pidato di Gedung Mewah

Sketsanews.com , JAKARTA – Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)-Sylviana Murni‎ kerap membuat acara di Gedung JCC Senayan, Jakarta Pusat.

Menilai hal itu, pengamat komunikasi politik, Emrus Sihombing mengatakan, orasi politik yang dilakukan oleh pasangan AHY-Sylvi tidak ada manfaatnya untuk warga DKI Jakarta.
“Yang terbaik adalah komunikasi sifatnya dialogis, lebih efektif ketika calon itu mengunjungi langsung dialog, dibanding pidato, dimana audiensi hanya mendengar saja dan itu formal sifatnya,” kata Emrus‎ di Jakarta, Sabtu (17/12/2016).

Kata dia, kalau sifatnya formal menunjukkan bahwa dia tidak berbicara dengan rakyat, sehingga dari segi komunikasi tentu hal tersebut tidak efektif.

“Komunikasi informal jauh lebih baik dibanding komunikasi formal,” sambungnya.

Dikutip dari Okezone , menurutnya, komunikasi formal itu dilakukan di suatu gedung, ada podium, ada pendengar seperti halnya yang dilakukan oleh pasangan Agus-Sylvi. Sedangkan, kalau informal itu bertemu spontanitas dengan warga agar ide-ide atau masalah akan disampaikan spontanitas pula.

Oleh karena itu, ia menyarankan kepada tiga pasang calon Gubernur DKI Jakarta untuk melakukan komunikasi informal, dialogis dan spontanitas.

“Itu jauh lebih natural. Saya pikir kalau di gedung kurang efektif dan menunjukkan formalisasi,” pungkasnya.

Diketahui, pasangan nomor urut 1 ini Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni sudah beberapa kali melakukan orasi atau pidato politik di gedung yang mewah dan megah seperti Jakarta Convention Center (JCC) Senayan dan lainnya.

(Eni)

%d blogger menyukai ini: