Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, News DPR: Setahun ini Sudah Lima Kali Pesawat TNI Alami Kecelakaan

DPR: Setahun ini Sudah Lima Kali Pesawat TNI Alami Kecelakaan

Pesawat Hercules jenis C140 A-1344 milik TNI AU jatuh di Wamena, pada Minggu (18/12). (ilustrasi/aktual.com – foto/antara)

Sketsanews.com, Jakarta – Jatuhnya pesawat Hercules jenis C140 A-1344 milik TNI AU di Wamena, pada Minggu (18/12) pagi waktu setempat terus mendapatkan ucapan belasungkawa kepada para korban meninggal dunia. Anggota Komisi I DPR RI Sukamta menyampaikan rasa berdukanya bagi para korban dan keluarga yang ditinggalkan. Setahun ini, setidaknya ada lima kali kecelakaan pesawat milik TNI.

“Di tahun ini setidaknya terjadi lima kali kecelakan pesewat milik TNI. Hal ini tentu harus jadi perhatian serius dari Pak Menhan dan juga jajaran TNI,” kata Sukamta kepada Aktual.com, di Jakarta, Senin (19/12).

Menurut dia, berulangnya peristiwa kecelakaan perlu adanya evaluasi secara  menyeluruh terhadap sistem penerbangan TNI.  Bahkan, audit terhadap kelaikan peeswat TNI perlu dilakukan, mengingat banyak pesawat TNI yang usianya lebih dari 30 tahun.

“Pernyataan Pak Kepala Staf TNI AU bahwa pesawat masih dalam keadaaan layak terbang saya kira tetap harus ditindaklanjuti dengan melakukan audit kondisi pesawat TNI untuk memastikan kondisi pesawat yang masih ada,” ujar politikus PKS itu.

“Hal ini mengingat informasi yang pernah kami dapat, karena keterbatasan peralatan akibat embargo tidak jarang perbaikan pesawat TNI dilakukan dengan cara kanibal,”pungkasnya.

(Wis)

%d blogger menyukai ini: