Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, News Pengusaha Mal di Surabaya Siap Patuhi Fatwa MUI

Pengusaha Mal di Surabaya Siap Patuhi Fatwa MUI

Massa FPI. (VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi)

Sketsanews.com, Surabaya – Para pengusaha mal di Surabaya mengapresiasi sosialisasi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 56 Tahun 2016 tentang Hukum Penggunaan Atribut Keagamaan Nonmuslim. Menurut mereka, sosialisasi itu sangat membantu untuk memahami bagaimana menjalankan toleransi.

“Kami sangat menghargai itu, karena itu merupakan nilai-nilai toleransi, dan kami sebenarnya juga sudah menjalankannya sejak tiga tahun lalu,” kata General Manager Tunjungan Plaza, Sutandi, di Surabaya pada Senin malam, 19 Desember 2016.

Sutandi juga mengapresiasi kinerja polisi dalam mengawal aksi itu. Sebab, saat itu penjagaan yang dilakukan Polrestabes Surabaya cukup ketat. Maka proses sosialisasi itu berjalan dengan lancar dan tertib.

“Sama sekali tidak ada sweeping (razia) maupun tindakan anarkis, semuanya berjalan tertib, karena penjagaan polisi juga ketat, namun tetap humanis. Anggota FPI (Front Pembela Islam) yang masuk juga perwakilan saja, tidak semuanya,” kata Sutandi.

Hal senada disampaikan Kepala Operasional Toeng Market, Wahyu Kuncoro. Dia mengatakan, sosialisasi yang dilakukan oleh FPI itu sama sekali tidak menimbulkan masalah.

“Saya justru merasa terbantu, karena setelah ada sosialisasi itu, saya langsung mematuhi fatwa MUI itu, dan juga sudah melakukan sosialisasi kepada seluruh pegawai kami,” ujar Wahyu.

Sejak awal Wahyu mengaku tidak merasa khawatir dengan sosialisasi semacam itu. “Karena sejak pertama kali datang, mereka (FPI) sudah melakukannya dengan santun, serta banyak polisi yang berjaga. Makanya, kami pun merasa aman, termasuk para pembeli,” katanya.

Dikutip dari Viva, sejumlah anggota FPI mendatangi beberapa mal dan pusat perbelanjaan di Surabaya pada Minggu, 18 Desember 2016. Mereka melakukan aksi sosialisasi Fatwa MUI Nomor 56 Tahun 2016 tentang Hukum Penggunaan Atribut Keagamaan Nonmuslim.

(Wis)

%d blogger menyukai ini: