Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, News BI Klaim Pengamanan Uang Rupiah Terbaik di Dunia

BI Klaim Pengamanan Uang Rupiah Terbaik di Dunia

Sketsanews.com, Jakarta – Bank Indonesia (BI) menyebut penerbitan uang rupiah tahun emisi 2016 memiliki pengamanan terbaik. Bahkan bank sentral mengklaim jika pengamanan yang diterapkan dalam uang terbitan baru merupakan yang paling baik di dunia.

Gubernur BI Agus Martowardojo mengatakan, pengamanan pada rupiah merupakan langkah bank sentral untuk mengantisipasi uang palsu. Dengan mencapai 12 pengamanan, maka pemalsuan uang rupiah bisa ditekan.

“Pengamanan daripada uang kertas dari Rp100 ribu hingga Rp100 ada sembilan sampai 12 pengamanan. Ini adalah salah satu yang terbaik di dunia,” ujar Agus di Gedung BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (19/12/2016).

Dirinya menambahkan terdapat lima peningkatan pengamanan terhadap uang rupiah terbitan baru. Kelimanya meliputi unsur warna, ultra violet, benang pengaman, logo BI yang apabila diterawang akan terlihat utuh (resto verso) dan cetakan.

“Secara umum pengamanan itu adalah langkah yang dapat diketahui masyarakat secara luas, namun pengamanan dapat mencegah adanya pemalsuan uang. Jadi yang paling sederhana adalah diraba,” jelas dia, seperti dikutip dari Metrotvnews.

Sebelumnya, BI resmi meluncurkan uang rupiah untuk tahun emisi 2016. Penerbitan uang rupiah dengan desain baru ini sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 31 Tahun 2016 tentang Penetapan Gambar Pahlawan Nasional sebagai Gambar Utama pada Bagian Depan Rupiah Kertas dan Rupiah Logam NKRI.

Adapun 12 pahlawan nasional yang tercantum dalam uang NKRI tersebut adalah sebagai berikut:

1. Gambar Pahlawan Nasional Dr (H.C.) Ir. Soekarno dan Dr (H.C.) Drs Mohammad Hatta sebagai gambar utama pada bagian depan Rupiah kertas NKRI dengan pecahan Rp100.000.

2. Gambar Pahlawan Nasional Ir H. Djuanda Kartawidjaja sebagai gambar pada bagian depan Rupiah kertas NKRI dengan pecahan Rp50.000.

3. Gambar Pahlawan Nasional Dr G.S.S.J. Ratulangi sebagai gambar pada bagian depan Rupiah kertas NKRI dengan pecahan Rp20.000.

4. Gambar Pahlawan Nasional Frans Kaisiepo sebagai gambar pada bagian depan Rupiah kertas NKRI dengan pecahan Rp10.000.

5. Gambar Pahlawan Nasional Dr K.H. Idham Chalid sebagai gambar pada bagian depan Rupiah kertas NKRI dengan pecahan Rp5.000.

6. Gambar Pahlawan Nasional Mohammad Hoesni Thamrin sebagai gambar pada bagian depan Rupiah kertas NKRI dengan pecahan Rp2.000.

7. Gambar Pahlawan Nasional Tjut Meutia sebagai gambar pada bagian depan Rupiah kertas NKRI dengan pecahan Rp1.000.

8. Gambar Pahlawan Nasional Mr. I Gusti Ketut Pudja sebagai gambar pada bagian depan Rupiah logam NKRI dengan pecahan Rp1.000.

9. Gambar Pahlawan Nasional Letnan Jenderal TNI (Purn) Tahi Bonar Simatupang sebagai gambar pada bagian depan Rupiah logam NKRI dengan pecahan Rp500.

10. Gambar Pahlawan Nasional Dr Tjiptomangunkusumo sebagai gambar pada bagian depan Rupiah logam NKRI dengan pecahan Rp200,00 (dua ratus rupiah).

11. Gambar Pahlawan Nasional Prof Dr Ir Herman Johanes sebagai gambar pada bagian depan Rupiah logam NKRI dengan pecahan Rp100.

(Wis)

%d blogger menyukai ini: