Sketsa News
Home Berita Terkini, Hankam, Headlines, News Kades Korupsi Dana Desa untuk Karaoke

Kades Korupsi Dana Desa untuk Karaoke

H. Asep D. Kadarusman, yang saat ini menjabat sebagai Kepala Desa Parungmulya, Kecamatan Ciampel

Sketsanews.com, Karawang – Jawa Barat, diamankan polisi karena menggelapkan dana desa sebesar Rp96 juta untuk karaoke.

Kanit Unit Tipikor Polres Karawang, Iptu M Wasis, menjelaskan dari hasil pemeriksaan, Komarudin mengakui telah menggunakan dana desa 2015 untuk berkaraoke di tempat hiburan malam.

“Kami meyakini di akhir Desember berkas Kades Cilewo sudah P21,” kata M Wasis, kemarin.

Selain Komarudin, tersangkap korupsi lainnya ialah Kades Parangmulya, Kecamatan Ciampel, Asep Khadarusman.

“Dia disangkakan korupsi dan merugikan negara sebesar Rp2,7 miliar. Korupsi dilakukan saat menjabat sebagai kades 2013-2015,” tambahnya.

Modus yamg dilakukan dengan melakukan pemungutan biaya pada perusahaan yang sedang mengurus izin ke desa itu dengan alasan untuk kas desa.

Uang pungutan dari perusahaan-perusahaan itu digunakan untuk membeli sejumlah barang mewah.

Masih terkait dengan korupsi, Kejaksaan Tinggi Daerah Istimewa Yogyakarta akhirnya menahan mantan Kepala Basarnas Kantor Yogyakarta, Waluyo Raharjo, atas dugaan korupsi pengadaan tanah untuk pembangunan Pos SAR di Gunungkidul. Seperti dilansir MediaIndonesia

Kasi Pidsus Kejati DIY, Azwar, menjelaskan tersangka sudah menerima uang Rp160 juta dari seseorang yang bertindak sebagai pencari lahan bernama Diaz.

“Dari hasil rekaman komunikasi lewat ponsel dan Whats-app dan perjanjian, Waluyo sangat aktif meminta bagian dari proses pengadaan tanah,” tambah Azwar.

Bila tanah laku, Waluyo akan mendapatkan Rp1,5 miliar dari Diaz. Namun, uang yang ditransfer baru Rp160 juta.

Pada bagian lain, sebanyak 30 polisi di jajaran Polda Nusa Tenggara Timur (NTT) tertangkap tangan melakukan pungli selama 2016.

Kapolda NTT, Brigjen E Widyo Sunaryo, mengatakan, dari 30 polisi itu, 13 orang di antaranya sudah selesai pemberkasan.

Dari Cirebon, Wali Kota Cirebon, Nasrudin Azis, malu dan menyesalkan seorang PNS di lingkungan kerjanya tertangkap melakukan pungli.

Di Bandung, Wali Kota Ridwan Kamil mengimbau tim Saber Pungli terus berinovasi dalam pemberantasan pungli karena pungli punya banyak model.

(Ro)

%d blogger menyukai ini: