Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Headlines, News Ahok Nilai MK Lamban soal Uji Materinya

Ahok Nilai MK Lamban soal Uji Materinya

Sketsanews.com, Jakarta  – Calon Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mempertanyakan Mahkamah Konstitusi (MK) yang dinilainya lamban mengambil keputusan judicial review atau uji materinya.

Pria yang kerap disapa Ahok ini mengatakan bukan kebiasaan MK ‘menggantung’ keputusan judicial review yang diajukan. MK sebelumnya mengatakan keputusan uji materi Ahok tidak akan diputuskan tahun ini (2016).

“Makanya saya gak tau. Coba kamu cek aja MK selama ini putusannya lama gak? Kalo udah sampe masuk kesimpulan biasanya lama gak? Cepet biasanya. Gak sampe berbulan-bulan,” ujarnya di Rumah Lembang, Jalan Lembang No 27, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (23/12/2016). Dilansir dari Poskotanews.com.

Terkait uji materinya, mantan Bupati Belitung Timur ini menilai banyak orang salah paham dengan niatnya. Ahok menegaskan ia bukan ingin menghindari cuti kampanye melainkan bermaksud mengawal penyusunan APBD DKI Jakarta 2017.

“Waktu bawa MK kan kita seolah-olah pengen kampanye tapi gak mau cuti. Bukan. Lihat materi yudisial review saya yang saya bawa ke MK. Apakah boleh, ini kebetulan cutinya itu kita lagi susun anggaran. Kalau lagi gak pas susun anggaran sik ga apa’apa, saya gak protes,” jelasnya.

Sebelumnya MK menyatakan keputusan uji materi Ahok tidak dapat dipituskan tahun ini karena masih dibahas Majelis Hakim atau berada di tataran Rapat Permusyawaratan Hakim (RPH).

Ahok mengajukan uji materi terhadap UU Nomor 10 tentang Pilkada Tahun 2016 pasal 70 ayat 3 huruf ‘a’ yang mengatur tentang keharusan cuti selama kampanye bagi kepala daerah petahana yang akan kembali mengikuti pemilihan kepala daerah. (ip)

%d blogger menyukai ini: