Sketsa News
Home Berita Terkini, Ekonomi & Bisnis, Headlines, News Jokowi Menolak, TNI AU Akan Tetap Beli Helikopter AW 101

Jokowi Menolak, TNI AU Akan Tetap Beli Helikopter AW 101

 

 

Sketsanews.com, Jakarta – TNI Angkatan Udara (AU) membeli helikopter AgustaWestland (AW) 101. Padahal, awalnya pembelian heli tersebut sempat ditolak Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Namun pihak TNI AU memberikan penjelasan bahwa anggaran pembelian heli itu sudah disetujui. Jadi, menurut TNI AU, tidak ada yang salah dengan pembelian heli tersebut.

“Bahwa TNI AU tidak mungkin membeli pesawat sendiri tanpa ada persetujuan dari pemerintah. Anggaran itu keluar kan dari Kementerian Keuangan,” kata Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) TNI AU Marsekal Pertama (Marsma) Jemi Trisonjaya dilansir dari detiknews, Selasa (27/12/2016).

“Bintang dicopot itu pasti sudah ada persetujuan dari beberapa stakeholder. Nah itu saja penjelasan dari kita. Jadi nggak mungkin kita mengadakan pesawat sendiri sebenarnya, kalau misalkan tidak ada persetujuan,” imbuh Jemi.

Maksud ‘bintang dicopot’ dari Jemi itu adalah daftar pembelian yang disetujui sehingga ‘tanda bintang’ itu dicopot dari daftar tersebut. Jemi kembali menegaskan bahwa anggaran yang turun itu dipastikan untuk pembelian yang telah diajukan sebelumnya, yaitu pembelian heli AW 101 tersebut.

“Anggaran turun kan tidak mungkin untuk pembelian lainnya. Pencabutan bintang itu pasti sudah ada penggunaannya. Logika gitu sajalah,” ucapnya.

Tentang pembelian heli AW 101 itu pernah dibahas Presiden Jokowi, yang kemudian memutuskan untuk menolaknya. Namun saat itu heli tersebut hendak difungsikan untuk kepresidenan dan VVIP (very very important person) tersebut.

Sedangkan untuk pembelian saat ini, TNI AU menyebut heli itu akan difungsikan untuk militer dan kepentingan search and rescue (SAR).

(Ro)

%d blogger menyukai ini: