Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Ekonomi & Bisnis, News Bangun PLTP, PGE Siapkan Dana Rp 5,7 Triliun di 2017

Bangun PLTP, PGE Siapkan Dana Rp 5,7 Triliun di 2017

panas bumi. shutterstock

Sketsanews.com, Minahasa – PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) menyiapkan anggaran sebesar USD 430 juta atau setara Rp 5,7 triliun untuk investasi proyek Pembangkit Tenaga Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) pada tahun depan. Dana ini akan digunakan untuk melanjutkan proyek yang sudah berjalan pada tahun ini maupun proyek baru tahun depan.

“Nanti 2017 kita alokasikan anggaran kita sekitar USD 430-an juta. Itu untuk proyek-proyek yang akan dilanjutkan,” ujar Direktur Utama PGE, Irfan Zainuddin di Minahasa, Sulawesi Utara, Rabu (28/12).

Dilansir dari merdeka.com, PGE saat ini memiliki beberapa proyek yang masih berjalan dan harus dikembangkan tahun depan. Misalnya, dua proyek PLTP yaitu Karaha, Jawa Barat dengan kapasitas 35 megawatt (MW) dan di Ulubelu unit 4, Lampung dengan kapasitas 55 MW.

“Buat tahun depan kita akan melanjutkan proyek yang telah berjalan. Karaha itu on the way dan tahun depan selesai. Kemudian ada juga yang selesai 2017 di Ulubelu unit 4 dengan kapasitas 55 MW. Jadi tahun depan yang akan selesai itu di Karaha 35 MW, Ulubelu unit 4 55 MW,” kata dia.

“Kita sekarang ada eksplorasi, tahun 2017 kita ada Gunung Lawu di Jawa Tengah, lalu ada di Seulawah Aceh,” sambungnya.

Tidak hanya itu, anak usaha Pertamina ini juga akan mengejar proyek secara intens agar sejumlah PLTP yang ditargetkan selesai pada 2018 di Lumut Balai, Sumatera Selatan dan di Bukit Daun, Bengkulu pada tahun 2020 bisa tercapai. Khusus di Bengkulu, PLTP yang akan dikembangkan akan memiliki kapasitas sebesar 110 MW.

Di Lumut Balai juga akan selesai 2018 masih dalam pelaksanaan di 2017 ini. Lalu di Bengkulu tahun 2020 nanti selesainya.Dan sekarang yang sedang berjalan di bukit Daun di Bengkulu. Kita harapkan kalau hasilnya baik juga akan kembangkan jadi program kerja ke depan. Di Seulawah Aceh itu 2 x 55 MW. Di Bengkulu ada 110 MW,” pungkasnya.

(Fya)

%d blogger menyukai ini: