Sketsa News
Home Berita Terkini, News LBH Pers: Polisi Masih Juara sebagai Pelaku Kekerasan Pers

LBH Pers: Polisi Masih Juara sebagai Pelaku Kekerasan Pers

Sketsanews.com ,JAKARTA  – Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pers mencatat sepanjang kurun waktu 2016 kekerasan terhadap profesi wartawan meningkat. Hal itu terungkap dengan melakukan advokasi litigasi dan nonlitigasi serta pantauan perkembangan pers.

Direktur Eksekutif LBH Pers Nawawi Bahrudin mengatakan, kasus kekerasan pers semakin meningkat. Gugatan dan tuntutan pidana (kriminalisasi) kepada jurnalis pun semakin meningkat sampai pada tingkat kekerasan‎.

”Tren kekerasan kepada jurnalis ada pergeseran. Kalau Orde Baru pemerintah melalui aparat hukumnya melakukan kekerasan, sekarang bergeser pada pelaku baru masyarakat publik atau mereka yang tidak puas dengan pemberitaan,” ujar Nawawi saat diskusi akhir tahun 2016 dengan tema ‘Era Jokowi Kebebasan Pers Makin Memburuk’ di Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu (28/12/2016).

Dilansir dari Okezone , sepanjang 2016, pihaknya mencatat sedikitnya 83 jurnalis menjadi korban tindak kekerasan. Rata-rata dari mereka menjadi korban kekerasan saat bertugas meliput sebuah peristiwa di lapangan.

“Lalu melakukan intimidasi yang menurut mereka dinilai efektif untuk balas dendam,” ujar Nawawi.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, dari segi tempat kejadian paling banyak terjadi di daerah DKI Jakarta sebesar 15 kasus, Jawa Barat 14 kasus, dan Jawa Timur delapan kasus.

“Sedangkan dari kategori pelaku kekerasan, paling banyak adalah polisi 16 kasus, PNS dan massa tak dikenal berjumlah 12 kasus, dan petugas keamanan swasta 10 kasus,” ungkap dia.

(Eni)

%d blogger menyukai ini: