Sketsa News
Home Berita, News 15 Polwan Masuk Dalam Pasukan Elit yang Dibentuk Polresta Sukabumi

15 Polwan Masuk Dalam Pasukan Elit yang Dibentuk Polresta Sukabumi

Sketsanews.com Sukabumi – Polres Sukabumi Kota membentuk tim khusus bernama Garda Elit Bintana. Tim tersebut terdiri dari 30 personel berkemampuan khusus yang separuhnya merupakan polisi wanita (Polwan).

“Mereka diberi porsi latihan lima kali lebih banyak dibandingkan personel lainnya. Tak hanya fisik, juga kemampuan otak dalam memecahkan peristiwa kejahatan. Intinya mereka hadir untuk memberikan rasa aman bagi masyarakat,” ujar Kapolres Sukabumi Kota AKBP Rustam Mansur kepada detikcom, Kamis (29/12/2016).

Pasukan elit tersebut dibentuk untuk mengantisipasi teror dan kejahatan di wilayah hukum Kota Sukabumi, Jawa Barat. Mereka memiliki kemampuan khusus mulai dari beladiri, mampu menggunakan beragam senjata api laras pendek dan panjang, serta kemampuan penyamaran dan melumpuhkan penjahat menggunakan tangan kosong.

Pasukan Garda Elit Bintana (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom
Pasukan Garda Elit Bintana (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)

“Pembentukan tim ini merupakan implementasi Polres Sukabumi Kota terhadap program Kapolda Jabar terkait peningkatan profesionalisme Polri serta perubahan kultur di tubuh kepolisian yang dapat memberikan perlindungan, pengayoman serta pelayanan prima kepolisian kepada masyarakat,” imbuh Rustam.

Rustam menyebut pengamanan malam tahun baru dijadikan sebagai ajang percobaan bagi pasukan elit yang dibentuknya. Saat terjun nanti, tim akan menggunakan rompi anti peluru dan senjata laras panjang dan menggunakan kendaraan khusus serta mobile di wilayah pemukiman.

“Ada juga Polwan yang menyamar, tetap dilengkapi dengan rompi anti peluru dan senjata laras pendek. Mereka akan membaur dengan warga yang merayakan malam pergantian tahun, ketika ada aksi kejahatan, merekalah yang paling pertama bergerak,” lanjut Rustam.
(Ags/detik)

%d blogger menyukai ini: