Sketsa News
Home Berita Terkini, News, Tekno-Sains Mengenkripsi Android dalam Lima Langkah

Mengenkripsi Android dalam Lima Langkah

Foto: Network World

Sketsanews.com, Jakarta – Dimasa yang serba digital seperti ini, data adalah harta berharga yang perlu dijaga. Anda perlu memastikan bahwa ponsel yang dimiliki sudah terenkripsi agar data yang tersimpan di dalamnya aman. Sebab, ponsel adalah perangkat yang paling sering bersama Anda dan berpotensi menyimpan data paling pribadi.

Enkripsi mungkin belum terlalu familier di telinga. Enkripsi adalah proses mengamankan suatu informasi dengan membuat informasi tersebut tidak dapat dibaca tanpa bantuan pengetahuan khusus.

, sementara iPhone sudah pasti dienkripsi oleh Apple, pengguna Android perlu mengenkripsi sendiri handset mereka. Tak serumit kedengarannya, Anda bisa mengenkripsi ponsel Android dengan lima langkah yang mudah. Berikut ini langkah-langkahnya. Dikutip dari okezone yang dilansir Network World, Kamis (29/12/2016).

1. Untuk memulai, akses Settings > Security > Encryption > Screen lock. Atur Pilihan PIN dan masukkan PIN.

2. Perangkat Android tersebut siap dienkrispi. Gunakan menu setting untuk membuka layar enkripsi, buka Settings > Security > Encryption > Encrypt Tablet atau Encrypt Phone.

3. Masukkan password PIN yang sudah dibuat sebelumnya. Gunakan PIN yang pendek untuk mengurangi waktu mengenkripsi perangkat. Semakin panjang dan acak password meski demikian membuat data menjadi lebih aman.

4. Tancapkan perangkat Android Anda pada charger, jika tidak dia tidak akan mau mengenkripsi. Ketuk tombol enkripsi.

5. PIN atau password dibutuhkan untuk langkah terakhir mengenkripsi. Sentuh tombol Encrypt Phone. Enkripsi akan berlangsung bergantung pada panjangnya password atau PIN.

Setelah ponsel terenkripsi, handset Android akan selalu membutuhkan PIN atau password untuk memulai. Namun sebagai catatan, perangkat Android seperti Galaxy S4 dengan mudah bisa didekripsi, sementara Moto X perlu reset pabrik untuk menghilangkan enkripsi. (Al)

%d blogger menyukai ini: