Sketsa News
Home Berita Terkini, Tekno-Sains ASUS Transformer 3 Pro, si Penantang Microsoft Surface Pro

ASUS Transformer 3 Pro, si Penantang Microsoft Surface Pro

ASUS Transformer 3 Pro, si Penantang Microsoft Surface Pro

Sketsanews.com – Setelah resmi diperkenalkan pada Mei dalam perhelatan Computex 2016, kini ASUS membawa lini notebook 2-in-1 secara sah untuk masuk ke pasar Indonesia. Menyandang nama Transformer 3 Pro, perangkat ini diklaim mampu menjadi tandingan tablet serbaguna Microsoft Surface Pro 4.

Tablet unik ini belakangan ramai menjadi bahan diskusi karena mengadopsi berbagai keunggulan kompetitif dari aspek desain, jeroan internal, serta fitur-fitur portabilitasnya.

Dikutip dari okezone, dengan rangkaian sistem dapur pacunya, genre perangkat seperti ini dipercaya dapat menjadi perangkat komputasi idaman di masa depan. Fitur portabilitas dan mobilitasnya sangat menunjang untuk user yang punya aktivitas tinggi serta kerap bekerja dengan berpindah-pindah tempat.

Penasaran seperti apa kekuatan yang ditawarkannya? Berikut ini ulasannya.

Desain Minimalis nan Eksotis

Tak dapat dipungkiri, aspek desain dari Transformer 3 Pro memang sangat memikat mata. Balutan logam metal yang melingkupi seluruh bodi, membuatnya terlihat eksotis dan menawan karena struktur tubuh berbahan aluminium ditambah lagi dengan campuran magnesium alloy.

Hal ini membuatnya tidak hanya sekadar kokoh dan kuat, namun juga ringan. Campuran antara logam aluminium dan magnesium alloy, umumnya memang menjadi berbagai bahan dasar sejumlah gadget premium yang menonjolkan sisi ringan sebagai keunggulan. Selain enteng, perangkat dengan basis desain berbahan dasar tersebut juga tahan karat.

Keindahan Transformer 3 Pro juga semakin terlihat berkat desain pinggiran bodi bergaya diamond cut. Ini menjadikannya semakin tampil elegan dan hampir sempurna dalam pandangan. Berbicara mengenai bobotnya, perangkat ini memiliki berat hanya 795 gram. Sementara ketebalannya hanya 8.35 mm.

Keyboard yang Elegan Ber-touchpad Besar

Transformer 3 Pro dilengkapi dengan keyboard bawaan yang punya fitur chicklet serta memiliki tingkat kedalaman tekanan atau travel distance 1,4 mm. Travel distance akan membuat Anda nyaman ketika mengetik meskipun berlama-lama. Keyboard menjadi salah satu komponen penting yang diperhatikan kenyamanan penggunaannya.

Menyasar pasar para eksekutif dan pebisnis muda yang memiliki keseharian untuk mengetik, seperti membuat bisnis plan, proposal, dan lainnya, ASUS memperhatikan aspek ini dan membuat fungsi keyboardnya menjadi semumpuni mungkin.

Mengetik menggunakan keyboardnya memang terasa sangat nyaman. Rasanya hampir sama nyaman ketika mencicipi keyboard yang berada pada notebook gaming ROG ASUS. Bahkan kenyamanan mengetik di Transformer 3 setara dengan mengetik di perangkat komputasi untuk skala bisnis yakni ASUSPRO. Dengan tambahan fitur backligt keyboard, memudahkan Anda ketika ingin mengetik dalam kondisi remang atau minim cahaya.

Dari sisi tampilan, keyboardnya Transformer 3 Pro terlihat cantik dan stylish. Hal ini karena papan ketik tersebut menggunakan material kulit sintetis atau PU (polyurethane) leather, dikenal juga dengan nama kulit bicast.

Sementara untuk touchpad, Transformer 3 Pro telah mendukung fitur smart gesture yang dinamakan dengan Precision Touch Pad (PTP). Secara sederhana fitur ini adalah serangkai pola gerakan khusus yang telah dibuat secara sistematis untuk pengoperasian touchpad yang lebih nyaman.

Desain Touchpad dibuat lebih lega agar pengguna lebih leluasa ketika harus mengoperasikan perangkat ini tanpa menggunakan mouse. Jika dikomparasi dengan Microsoft Surface Pro 4, Transformer 3 Pro memiliki touchpad yang lebih luas sekira 17 persen.

Display Beresolusi 3K yang Tajam dan Cemerlang

ASUS Transformer 3 Pro didesain menggunakan panel layar beresolusi 3K. Resolusi yang didulang mencapai 2.880 x 1.920 piksel. Besarnya resolusi tersebut diimbangi dengan kualitas piksel per inch (ppi) yang cukup besar pula yakni 275 ppi.

Resolusi memang terbilang tanggung, karena berada di atas Quad HD alias 2K namun masih di bawah 4K atau Ultra HD. Jika berkaca pada sejarah Transformer sebelumnya, ASUS hanya membenamkan resolusi WXGA (1.280×800) pada Transformer T100HA, Transformer 3 Pro ini bisa dianggap sebelumnya lompatan.

Segudang Fitur Optimalisasi Visual

Meski telah menyelipkan komponen hardware mumpuni untuk mengoptimalisasi tampilan visual, ASUS tampaknya tidak lantas puas begitu saja. Untuk mendukung dan memperkuat aspek tersebut, mereka telah mengembangkan sebuah software khusus yakni ASUS Splendid Technology, Tru2Life Video, dan TruVivid.

Software bernama Splendid yakni teknologi yang memiliki kemampuan mengoptimalisasi berbagai kondisi gambar agar dapat ditampilkan dengan sebaik mungkin, sehingga apapun aktivitas yang Anda lakukan, baik menyaksikan film ataupun melihat foto, semua tampak lebih hidup.

Di dalam Splendid terdapat empat buah mode yang bisa dipergunakan pengguna untuk menyetel layar agar nyaman ketika dipergunakan. Empat mode tersebut antara lain, Normal Mode, Eye Care Mode, Vivid Mode, dan Manual Mode.

Normal Mode adalah mode di mana LCD telah diprogram (setting) secara lebih optimal untuk kenyamanan tampilan visual. Penggunaan mode ini cocok untuk bekerja sehari hari, seperti mengedit dokumen dan melihat gambar.

Eye Care Mode adalah, mode dimana kecerahan pada cahaya biru di layar akan direduksi untuk menghindari cedera pada retina mata. Mode ini dirancang untuk keperluan penggunaan laptop dalam waktu yang lama.

Mode ini merupakan fitur teknologi terbaru yang telah dirancang oleh para engineer ASUS, dengan mempertimbangkan faktor kesehatan pada mata. Cahaya biru pada layar akan dikurangi hingga 33 persen. Seperti diketahui ketika komputer dalam keadaan hidup (bekerja) display akan menampilkan cahaya biru pada rentang spektrum 450-495 nm.

Vivid Mode adalah mode di mana pengguna akan mendapatkan kontras warna, serta ketajaman gambar yang lebih tinggi dari sebelumnya. Itu berguna untuk memberikan pengalaman visual yang lebih hidup untuk melihat gambar seperti pemandangan di dalam film, foto, dan lainnya.

Manual Mode adalah mode agar pengguna dapat dengan bebas mengatur kecerahan dan tampilan pada layar sesuai dengan preferensi yang diinginkan.

Sedangkan TruVivid adalah sebuah teknologi untuk menyempurnakan kejernihan, kecerahan dan tingkat responsifitas pada layar. Teknologi ini mentransformasi desain yang umumnya diberikan pada layar perangkat pintar. Desain konvensional pada sebuah gadget umumnya tersusun atas empat lapisan antara lain, pelindung kaca, panel sentuh, celah udara dan modul LCD.

Nah, pada TruVivid, ada bagian yang dieliminasi dan digabungkan sehingga hanya menyisakan dua lapisan yakni pelindung kaca dan panel sentuh dan LCD. Hal ini memberikan dampak positif berupa tampilan yang lebih jelas, dimana nilai transparasi optiknya bisa mencapai diatas 94 persen dibandingkan desain panel layar perangkat pintar konvensional.

Terakhir adalah teknologi bernama ASUS Tru2Life Video yang diklaim akan mampu menyajikan tampilan gambar bergerak yang mengagumkan pada perangkat ini. Tru2Life dikembangkan menggunakan teknologi pengolah gambar terbaru yang dapat Anda temukan pada perangkat televisi high-end modern. Fitur ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran yang realistis terhadap sebuah video.

Paduan Komponen Hardware Mutakhir dan Gesit

Sebelum membuktikan seperti apa kegaharan dari komponen inti pada perangkat ini, berikut isi jeroan dari Transformer 3 Pro. Urusan prosesor, ASUS menamakan Intel Core i7-6500U atau i5-6200U. Seperti diketahui lini prosesor generasi ke-enam dari Intel ini membawa banyak fitur bermanfaat yang dapat memaksimalkan kinerja sistem komputasi.

Kemampuan prosesor ini dapat meningkatkan GPU hingga 50 persen karena telah dibuat menggunakan teknologi yang lebih baru yakni GT4e. Selain itu, Skylake juga menghadirkan penghematan daya yang lebih baik dari generasi sebelumnya. Konsumsi SoC pada Intel Skylake digadang-gadang turun hingga 60 persen, dibandingkan generasi Broadwell. Ditambah lagi nilai TDP-nya menciut di angka 45W dari sebelumnya 47W.

ASUS menyandingkan otak pengolah sistem di perangkat tersebut dengan memori RAM 8GB bertipe LPDDR3 dual channel. Untuk urusan penyimpanan, Transformer 3 Pro memiliki daya tampung 512GB SATA3 SSD yang mendukung fitur Trusted Platform Module (TPM) yakni storage yang memilik kriptografi.

Suara Jernih Disokong Harman Kardon

Berbeda dari biasanya, kali ini ASUS menggandeng pabrikan audio asal Amerika Harman/Kardon untuk menyokong kualitas audio yang memukau di lini notebook premium-nya. Berdasarkan penelitian, Transformer 3 Pro ini memiliki keluaran suara dua kali lebih kencang dari notebook premium pada umumnya.

Port Konektivitas Lengkap dan Mutakhir

Mengenai port konektivitas, perangkat ini memiliki kelengkapan port yang memang lebih unggul dibandingkan dengan Microsoft Surface Pro 4. Di sisi kanan terdapat port HDMI, satu buah USB 3.0 dan USB Type C 3.1 gen 2 yang juga telah mendukung Thunderbolt 3. Sementara Surface Pro 4 hanya menyediakan fitur USB 3.0 saja untuk berkirim-terima data. (Al)

%d blogger menyukai ini: