Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini Pulau Morotai Diguncang Gempa Pertama di 2017

Pulau Morotai Diguncang Gempa Pertama di 2017

Gempa mengguncang Pulau Morotai, menjadi gempa pertama di 2017.

Sketsanews.com, Morotai – Catatan Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) soal aktivitas di Pulau Morotai, Maluku Utara bisa dibilang sebagai gempa pertama di 2017.

BKMG mencatat, terjadi gempa berkekuatan 5 skala richter (SR) di Morotai, Minggu (1/1) pukul 07.13 WIB. Namun, gempa tak menimbulkan potensi tsunami.

Data resmi BMKG menyebut, seperti dikutip dari Antara, gempa itu terjadi di 122 kilometer Barat Laut Pulau Morotai. Tepatnya, sumber gempa berada pada posisi linta 2.82 dan bujur 127.4. Pusat gempa di kedalaman 10 kilometer.

BMKG merangkum, dalam empat bulan terakhir saja sudah ada sekitar 60 gempa bumi di Indonesia. Yang terbesar sebelum akhir tahun adalah di Sumba Barat Daya, dengan kekuatan 6,6 SR. Kekuatan yang sama pernah menerjang Maluku.
Belum ada keterangan dan informasi lebih lanjut soal gempa di Morotai yang membuka tahun 2017 di Indonesia. Tapi BMKG memang meramalkan hari pertama di 2017 diguyur hujan di beberapa daerah, seperti Jawa Timur, Riau, Palu, Minahasa, Aceh, Jambi, Kalimantan, Lampung, dan Papua.

Maluku Utara juga termasuk daerah yang diberi peringatan dini hujan lebat.

Situs BMKG juga menuliskan, gelombang tinggi patut diwaspadai di Nusa Tenggara Barat. Sementara Nusa Tenggara Timur, akan diwarnai angin kencang.

Jabodetabek juga masuk dalam daerah yang mendapat peringatan dini. BMKG memprediksi akan ada hujan dan angin kencang sepanjang sore nanti. dikutip dari CNN.

(Tri)

%d blogger menyukai ini: