Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Headlines, Internasional China Peringatkan untuk ‘Tak Usik’ Wilayahnya di 2017

China Peringatkan untuk ‘Tak Usik’ Wilayahnya di 2017

Presiden China, Xi Jinping Berpidato di Acara Peringatan 150 Tahum Kelahiran Sun Yat-sen, November 2016.

Sketsanews.com, Beijing – Pemerintah China mempertegas sikap dengan memberi peringatan tak akan membiarkan ‘siapapun’ untuk mengusik kedaulatan teritorial dan hak maritim negaranya. China telah menguatkan klaim atas wilayah Laut China Selatan yang tengah disengketakan.

“Kami mematuhi pembangunan yang damai. Tapi kami tegas menjaga kedaulatan teritorial dan hak maritim. Orang-orang China tidak akan pernah membiarkan siapa pun untuk pergi dengan membuat keributan besar tentang hal itu (sengketa wilayah),” ujar Presiden China, Xi Jinping, dalam pidato tahun barunya Sebagaimana dikutip dari Okezone, Minggu (1/1/2017).

Sebelumnya, China telah mengklaim sebagian besar wilayah Laut Cina Selatan yang juga diklaim oleh Pemerintah Brunei Darussalam, Malaysia, Filipina, Taiwan dan Vietnam sehingga memicu sengketa.

Sementara itu, Pejabat China yang menangani urusan hubungan China dan Taiwan Zhang Zhijun, menyatakan, adanya risiko tentang ketidakpastian terkait sengketa wilayah memasuki 2017.

“Ke depan untuk 2017, situasi di Selat Taiwan sangat kompleks dan serius. Perkembangan hubungan kedua negara menghadapi banyak faktor dan risiko yang tidak pasti,” tutur Zhang Zhijun.

Sebelumnya, China tengah berusaha memaksa Taiwan untuk menyetujui prinsip ‘Satu China’ atau mengakui Taiwan sebagai bagian dari China. Sedangkan di lain pihak, Presiden Taiwan, Tsai Ing-wen dari Partai Progresif Demokratik (DPP) diketahui mendukung kemerdekaan Taiwan. Tsai mengatakan, ia akan tetap menjaga kedamaian dengan China tanpa harus menyetujui prinsip ‘Satu China’.

(Tri)

%d blogger menyukai ini: