Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Tekno-Sains Hewan Darat Tercepat di Ambang Kepunahan

Hewan Darat Tercepat di Ambang Kepunahan

Sketsanews.com, Jakarta – Salah satu hewan di dunia yaitu cheetah, saat ini di ambang kepunahan. Dikutip dari Okezone, Minggu (1/1/2017), ilmuwan menyebutkan bahwa sebagian besar dari mereka kehilangan habitatnya dan ini belum pernah terjadi sebelumnya.

Penelitian yang dilakukan ilmuwan ini juga mengungkapkan bahwa hanya tersisa 7.100 cheetah di dunia dan mereka kehilangan 91% habitat bersejarahnya. Berbagai pembangunan yang dilakukan manusia membuat habitat hewan darat tercepat di dunia ini menurun.

Berdasarkan sejarah, dari sebelum tahun 1900 jumlah habitat cheetah sekira 13 juta mil persegi (33.056.767 km persegi). Namun menurut peneliti, jumlah habitat cheetah kini hanya mencakup sekira 280.000 mil persegi (724.514 km persegi).

Dijelaskan Sarah Durant, peneliti senior Zoological Society of London dan Wildlife Conservation Society (WCS), cheetah sangat sensitif terhadap hilangnya habitat karena membutuhkan ruang yang luas.

“Temuan kami menunjukkan bahwa kebutuhan ruang besar, ditambah dengan berbagai ancaman kompleks di alam liar, cheetah akan jauh lebih rentan terhadap kepunahan dari perkiraan sebelumnya,” kata Durant dalam sebuah pernyataan dari WCS.

Ancaman Cheetah ini dijelaskan perwakilan WCS, sebagian besar disebabkan oleh manusia, termasuk diburu serta hilangnya habitat, perdagangan hewan peliharaan, dan perdagangan ilegal.

(Tri)

%d blogger menyukai ini: