Sketsa News
Home Berita Terkini, Hankam, Headlines, Internasional, News Ini Data Jumlah WN Asing Korban Penembakan di Turki

Ini Data Jumlah WN Asing Korban Penembakan di Turki

 

Sketsanews.com, Jakarta – Pergantian malam tahun baru di Istanbul, Turki, diwarnai oleh aksi penembakan brutal yang dilakukan oleh dua orang bersenjata yang memakai kostum santa Klaus. Sedikitnya 39 orang tewas dan 65 orang luka-luka dalam peristiwa nahas tersebut.

Dilansir dari detiknews, Senin (2/1/2017) beberapa warga negara (WN) asing ikut menjadi korban pada penembakan yang terjadi di Klub Ekslusif Reina di tepi laut Bosphorus itu. Berikut ini rincian dari kewarganegaraan korban baik yang tewas maupun terluka diketahui dari data yang diberikan oleh negara masing-masing.

– Arab Saudi –

Konsulat Riyadh di Istanbul mengatakan bahwa warga Saudi ikut termasuk di antara para korban. Pihak Konsulat tidak memberikan angka jumlah korban. Sementara surat kabar Asharq Al-Awsat mengutip sumber konsulat yang mengatakan bahwa lima orang Saudi termasuk dua wanita meninggal dan 11 orang lainnya luka-luka. Televisi Al-Arabiya juga menyebut sekitar lima orang tewas dan sembilan luka-luka.

– Jordan –

Kementerian Luar Negeri di Amman kepada kantor berita resmi Petra mengatakan tiga orang Yordania tewas dan empat luka-luka.

– Irak –

Juru bicara untuk Kementerian Luar Negeri Irak menyebut tiga warganya tewas dalam serangan tersebut.

– Lebanon –

Kementerian Luar Negeri Lebanon mengumumkan kematian tiga warga Lebanon dan mengatakan empat lainnya luka-luka.

“Saya diselamatkan oleh paspor saya yang saya bawa tepat di dekat hati saya,” kata salah satu dari korban yang terluka, Francois al-Asmar, kepada televisi Lebanon dari ranjang rumah sakit.

– Tunisia –

Kementerian Luar Negeri Tunisia mengatakan pada halaman Facebook-nya bahwa dua Tunisia meninggal, dengan laporan media mengatakan korban adalah seorang pengusaha dan istrinya.

– India –

Menteri Urusan Eksternal India mengatakan dua warganya ikut menjadi korban tewas, penamaan mereka sebagai Abis Rizvi, anak seorang mantan anggota parlemen, dan seorang wanita, Khushi Shah.

– Israel –

Kementerian Luar Negeri Israel mengatakan seorang wanita Arab Israel muda Lian Nasser (18) telah meninggal.

– Belgiaa –

Kementerian Kuar Negeri Belgia menegaskan bahwa seorang pria berusia 20-an, seorang Belgia-Turki berkewarganegaraan ganda tewas.

– Prancis –

Kementerian Luar Negeri Prancis mengatakan seorang wanita berkewarganegaraan ganda itu telah meninggal bersama dengan suaminya yang berasal dari Tunisia. Informasi tersebut tidak langsung mereka ketahui jika mereka ada di daftar korban tewas tunisia atau tidak. Sementara itu tiga warga Prancis lainnya dilaporkan terluka.

– Libya –

Menurut Kementerian Luar Negeri Afrika Utara satu warga Libya dilaporkan tewas dan tiga lainnya terluka dalam serangan penembakan brutal tersebut.

– Maroko –

Kantor berita MAP mengutip Kedutaan di Ankara mengatakan ada tiga warga Maroko terluka akibat serangan tersebut.

(Ro)

%d blogger menyukai ini: